Ramadhan Momentum Meningkatkan Kualitas Umat

Red: Agung Sasongko

Jumat 08 Apr 2022 17:17 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

Ia mengungkapkan, makna persatuan di bulan Ramadhan, hendaknya bulan suci tidak hanya menjadi sukacita bagi umat Islam sendiri namun bagi seluruh umat. Ia juga berharap bulan suci ini, muslimin dan muslimat dapat menjaga dan menjalin komunikasi yang baik dengan umat lainnya, agar tidak justru menimbulkan prasangka dan perseteruan.

"Tiap detik yang kita lalui di bulan Ramadhan ini penuh dengan rahmat. Sehingga harusnya ini pun dirasakan bukan hanya oleh kaum muslimin, tapi oleh semua. Jadi, jangan sampai kemudian mengganggu umat yang lain, dan harus dikomunikasikan dengan cara sebaik-baiknya," ujar jebolan Master International Institute of Islamic Economic Islamabad Pakistan itu.

Bukan tanpa dasar, Oke menilai dewasa ini dalam hubungan antar umat, kurang terjalin komunikasi. Menurutnya harus ada keterbukaan antar umat untuk menyampaikan aspirasi dan opininya serta saling menjalin silaturahmi sehingga akan muncul rasa saling menghormati antar umat dan persatuan akan terjaga.

"Jadi yang saya lihat selama ini kaum muslimin ini yang kurang komunikasi. Sehingga perlu dibuka komunikasi yang seluas-luasnya. Saya melihat komunikasi adalah kuncinya. Bukan malah semaunya sendiri. Itu dzolim namanya," tuturnya.

Oke juga mengutarakan bagaimana peran pemerintah dan tokoh agama maupun tokoh masyarakat untuk membuat umat memahami bahwasannya Ramadhan itu mempunyai makna untuk memerdekakan dan mempersatukan.

"Tokoh keumatan ini, harus bisa mempersiapkan umat untuk menghadapi Ramadhan dengan kondisi sebaik dan seberkualitas mungkin, tidak hanya di bulan Ramadhan tapi juga bulan lainnya, memanfaatkan semua momentum secara maksimal untuk mendorong masyarakat menjadi umat yang berkualitas," tutur Oke.

Ia juga berpesan kepada masyarakat dan berbagai tokoh untuk dapat memposisikan diri berjalan bersama seirama dengan pemerintah untuk mewujudkan kemerdekaan diri, persatuan dan kerukunan. Tidak hanya dalam bulan Ramadhan namun juga bulan lainnya.

"Yang penting adalah bagaimana sekarang masyarakat juga ikut menata dirinya bersama pemerintah. Jadi harus bergandengan tangan antara pemerintah, tokoh keumatan dan juga masyarakat. Kalau caranya seperti itu kerukunan dan persatuan itu bisa tercipta di negeri ini," jelas Oke.

Terpopuler