Lima Tips untuk Menyeimbangkan Urusan Dunia dan Fokus Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

 Jumat 08 Apr 2022 11:28 WIB

 Lima Tips untuk Menyeimbangkan Urusan Dunia dan Fokus Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Lima Tips untuk Menyeimbangkan Urusan Dunia dan Fokus Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

Ramadhan tak menghalangi Muslim untuk memenuhi kebutuhan hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski Ramadhan menjadi momentum untuk memperbanyak ibadah, seorang muslim hendaknya tetap harus memenuhi kebutuhan hidup di dunia, termasuk dalam mencapai target dan menghadapi ujian hidup.

Melansir laman aboutislam.net, dalam surat Al Baqarah ayat 185 disebutkan:

Baca Juga

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ditinggalkannya pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.

Bagi seorang muslim dalam menghadapi ujian adalah menggunakan senjata paling ampuh, yakni berdoa terus menerus dari sekarang hingga Ramadhan dan selama Ramadhan. Berdoalah agar Allah memudahkan semua urusan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan,

Pertama, lakukan doa tulus terus-menerus kepada Allah di siang hari di bulan Ramadhan karena doa orang yang berpuasa diterima. Sungguh luar biasa bahwa ujian terjadi saat berada di bulan Ramadhan sehingga dapat berdoa untuk kesuksesan dan nilai bagus dan ini akan membuat muslim merasa lebih berharap tentang kesuksesan dan penerimaan.

Kedua, bacalah beberapa halaman Al qur'an setelah setiap doa. Setidaknya selama lima menit setelah setiap doa untuk membaca beberapa halaman dengan kontemplasi. Al qur'an biasanya meningkatkan keberkahan pada waktunya.

Ketiga, mendengarkan bacaan Alquran sepanjang hari juga mendapatkan pahala tersendiri. Kita bisa memutar murotal Alquran melalui gawai.

Keempat,  lakukan zikir terus-menerus sepanjang hari. Zikir itu mudah tetapi sangat bermanfaat. Kelima, Jika kita tidak dapat berjamaah shalat tarawih karena alasan apa pun, pastikan untuk shalat beberapa rakaat shalat malam kapan pun kita bisa dan berbicara dengan Allah dan terhubung dengan-Nya.

Sumber:

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/balance-exams-ramadan/

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X