Resep Bubur Kuning Pekojan Ala Chef Mercure Jakarta Batavia

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 06 Apr 2022 16:56 WIB

Chef menyiapkan Bubur Kuning Pekojan ketika waktu berbuka puasa di Malaka Restaurant, Mercure Jakarta Batavia, Senin (4/4/2022). Ramadhan kali ini, Mercure Jakarta Batavia dibawah payung program Accor Ramadan Wonderful Indonesia mengangkat salah satu destinasi wisata Kota Tua Pekojan. Kawasan Pekojan merupakan sebuah perkampungan di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat dikenal sebagai Kampung Arab. Foto: Prayogi/Republika. Chef menyiapkan Bubur Kuning Pekojan ketika waktu berbuka puasa di Malaka Restaurant, Mercure Jakarta Batavia, Senin (4/4/2022). Ramadhan kali ini, Mercure Jakarta Batavia dibawah payung program Accor Ramadan Wonderful Indonesia mengangkat salah satu destinasi wisata Kota Tua Pekojan. Kawasan Pekojan merupakan sebuah perkampungan di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat dikenal sebagai Kampung Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sajian bubur syurbah atau bubur kuning pekojan diperkenalkan pertama kali oleh jamaah Hadramaut yang datang dan menetap di Indonesia terutama di Pekojan, Jakarta Barat. Setelah berabad-abad, makanan yang biasa disantap sebagai menu buka puasa di bulan Ramadhan ini eksistensinya kian memudar seiring waktu.

Sebagai upaya untuk melestarikannya, Anda juga bisa lho mencoba memasaknya di rumah. Executive Chef Hotel Mercure Jakarta Batavia, Tessa, mengatakan bahwa bubur kuning pekojan cukup mudah dimasak di rumah. Hanya saja harus sedikit sabar karena untuk memasaknya butuh waktu sekitar tiga jam.

Baca Juga

"Cara bikinnya enggak terlalu susah, simpel. Cuma ya memang waktu masaknya itu agak lama, bisa sampai tiga jam jadi musti sabar," kata chef Tessa kepada Republika.co.id, Senin (4/4/2022).

Hal lain yang perlu diketahui, menurut chef Tessa, komponen utama dari bubur kuning pekojan adalah kaldu domba sehingga tidak direkomendasikan bagi mereka yang tidak toleran domba. Bisa saja komponennya diganti ayam, namun rasa dan aromanya tidak akan autentik.

Resep dan cara membuat bubur kuning pekojan yang dibagikan oleh chef Tessa telah diniali pas oleh Habib Achmad Alwi Assegaf keturunan keenam dari jamaah Hadramaut sekaligus imam Langgar Tinggi Pekojan. Yuk, kita coba bikin!

Bahan

500 gram beras (bisa untuk tujuh porsi)

150 ml air

200 gram daging domba

7 gram kapulaga

2 gram daun salam

50 gram sereh

7 gram bunga lawang

5 gram ketumbar

10 gram kayu manis

10 gram seledri

40 gram jahe

2 gram daun pandan

150 ml santan