Resep Pancake Labu Madu Rosemary untuk Buka Puasa

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

 Rabu 06 Apr 2022 13:38 WIB

Pancake Labu Madu dengan rasa rosemary bisa jadi kudapan saat berbuka nanti. Foto: Pixabay Pancake Labu Madu dengan rasa rosemary bisa jadi kudapan saat berbuka nanti.

Pancake Labu Madu dengan rasa rosemary bisa jadi kudapan saat berbuka nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manfaat dari rosemary bisa didapatkan dengan cara menggunakannya di dalam berbagai sajian masakan. Salah satunya adalah dalam sajian pancake labu madu.

"Secara umum, kapan pun ada kesempatan untuk menggunakan rempah di dapur, itu merupakan kesempatan yang patut diambil," ungkap Lugavere dalam siaran podcast mindbodygreen, seperti dilansir MBG, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga

Berikut ini adalah resep untuk membuat pancake labu madu yang juga bisa disajikan sebagai menu berbuka.

 

Bahan Pancake Labu Madu

1 buah labu madu berukuran kecil

2 cangkir tepung self raising atau tepung yang sudah mengandung bahan pengembang

1 1/2 cangkir susu full cream

2 butir telur

1 cangkir keju parmesan

1 1/2 sdt rosemary

Mentega

Sirup maple

Minyak zaitun

Garam dan lada

 

Cara Membuat Pancake Labu Madu

1. Panaskan oven di suhu 400 derajat Fahrenheit atau 204,4 derajat Celsius.

2. Potong labu madu, lalu letakkan labu madu tersebut di atas loyang.

3. Oleskan minyak zaitun di atas permukaan labu madu yang sudah dipotong, taburkan garam dan lada secukupnya, lalu panggang labu madu di dalam oven selama 50 menit.

4. Setelah labu madu menjadi lembut, keluarkan dari oven. Masukkan labu madu ke dalam mangkuk besar dan tumbuk hingga halus. Tambahkan tepung self raising yang sudah disaring dan aduk keduanya hingga tercampur rata. Selanjutnya, tambahkan susu full cream secara perlahan sampai semua bahan menyatu. Konsistensi adonan ini mungkin tidak rada, tidak perlu khawatir.

5. Tambahkan telur, parmesan, dan rosemary yang sudah dicincang ke dalam wadah berisi adonan labu madu. Tambahkan juga garam dan lada secukupnya, lalu aduk hingga rata. Adonan seharusnya memiliki konsistensi yang kental. Bila belum mencapai konsistensi tersebut, bisa tambah sedikit tepung.

6. Panaskan wajan datar atau pancake pan dan masukkan mentega secukupnya.

7. Tuangkan dua sendok sayur adonan pancake labu madu ke dalam wajan, masak selama 3-4 menit pada tiap sisi, ulangi hingga seluruh adonan dimasak.

8. Pancake labu madu yang sudah masak bisa disusun bertumpuk. Tuangkan sirup maple dan taburkan parmesan di atasnya. Pancake labu madu siap disantap.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X