Ramadhan 2022: Keluarga Gaza Berjuang Hadapi Harga Pangan yang Melonjak

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Selasa 05 Apr 2022 10:20 WIB

Warga Palestina berjalan melewati bendera Mesir di sisi jalan di Beit Lahiya, di utara Jalur Gaza, 25 Januari 2022. Setelah bertahun-tahun bekerja di belakang layar, Mesir kini mengambil peran lebih besar di Gaza. Foto:

1

Al-Basiouny mengabaikan keluhan yang diajukan oleh warga Gaza tentang adanya monopoli oleh pedagang yang berperan dalam kenaikan harga. Kementerian disebut telah memantau dan menindaklanjuti pasar, tetapi proses penawaran dan permintaan tetap menjadi penentu utama.

Dalam upaya menyediakan keranjang makanan terpadu untuk keluarga miskin, Mohammed Al-Helou dari Kota Gaza, bersama sekelompok anak muda, meluncurkan inisiatif "Al-Khair". Mereka berupaya mengumpulkan sumbangan dari keluarga berpenghasilan tinggi untuk membeli bahan makanan pokok untuk mereka yang membutuhkan.

“Kami sedang melalui tahap yang sangat kritis, jumlah keluarga berpenghasilan rendah berlipat ganda, sementara bantuan keuangan dan makanan menyusut. Setiap orang harus memikul tanggung jawabnya terhadap keluarga-keluarga ini di masyarakat kita,” kata Al-Helou.

Al-Helou dan kawan-kawan berharap dapat memberikan sekitar 200 paket sembako yang terdiri dari daging, sayuran dan perbekalan lainnya.