Reisa: Kalau Mau Vaksinasi Booster Saat Ramadhan, Pilih Jam Jelang Buka Puasa

Red: Reiny Dwinanda

 Senin 04 Apr 2022 19:32 WIB

Sejumlah warga antre untuk mengikuti vaksinasi dosis ke-3 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (2/4/2022). Untuk mengantisipasi kemungkinan butuh obat akibat KIPI vaksin booster, masyarakat disarankan untuk divaksinasi menjelang jam berbuka puasa. Foto: Antara/Aprillio Akbar Sejumlah warga antre untuk mengikuti vaksinasi dosis ke-3 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (2/4/2022). Untuk mengantisipasi kemungkinan butuh obat akibat KIPI vaksin booster, masyarakat disarankan untuk divaksinasi menjelang jam berbuka puasa.

Divaksinasi jelang buka puasa, orang bisa segera minum obat andaikan ada KIPI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro menyarankan vaksinasi booster selama Ramadhan sebaiknya dilakukan menjelang waktu berbuka puasa. Hal ini dapat mengantisipasi kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

"Kalau mau vaksin, pilih waktu yang mendekati buka puasa," kata Reisa Broto Asmoro dalam Siaran Sehat yang diikuti dari Youtube RRI Net Official di Jakarta, Senin (4/4/2022) sore.

Baca Juga

Gejala KIPI, menurut Reisa, biasanya muncul empat sampai enam jam usai suntikan. Jadi, saat KIPI mulai terasa, masyarakat bisa langsung mengonsumsi obat-obatan.

Reisa yang juga Duta Perubahan Perilaku itu mengatakan, KIPI merupakan reaksi wajar yang terjadi pada tahapan vaksinasi. Pada keadaan terberat, maka KIPI perlu diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Namun, Reisa memastikan bahwa selama Ramadhan pemerintah telah mengalokasikan vaksin dengan takaran setengah dosis untuk booster. Risiko KIPI yang muncul relatif lebih ringan bila dibandingkan dosis penuh.

"Bahkan, banyak yang sudah melengkapi dua dosis, tidak muncul KIPI-nya," katanya.

Supaya stamina tetap terjaga selama proses antrean vaksinasi, menurut Reisa, peserta disarankan untuk mengonsumsi gizi berimbang saat sahur agar energi yang dimiliki mencukupi untuk aktivitas sepanjang hari. Pada saat sahur maupun berbuka puasa disarankan mengonsumsi banyak serat seperti sayur dan buah.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X