Ratusan Orang Berkumpul di Times Square Peringati Awal Ramadhan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 03 Apr 2022 16:20 WIB

Ilustrasi. Orang-orang berkumpul di Times Square di New York, New York, AS, 3 November 2020. Ratusan Orang Berkumpul di Times Square Peringati Awal Ramadhan Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE Ilustrasi. Orang-orang berkumpul di Times Square di New York, New York, AS, 3 November 2020. Ratusan Orang Berkumpul di Times Square Peringati Awal Ramadhan

Sebanyak 1.500 makanan dibagikan di Broadway and 44th street pada Sabtu malam.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Menandai awal Ramadhan, ratusan orang berkumpul di Times Square, New York, Sabtu (2/4/2022). Ramadhan adalah bulan suci umat Islam. Selama bulan ini, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa yang berlangsung mulai dari matahari terbit hingga terbenam.

Sebanyak 1.500 makanan dibagikan di Broadway and 44th street pada Sabtu malam. “Bagi umat Islam, puasa bukan hanya sekadar agar kita mengerti bagaimana perasaan orang-orang yang kelaparan. Sebenarnya puasa juga membuat kita lebih dekat kepada pencipta kita, Tuhan kita, Allah,” kata salah seorang dari penyelenggara pertemuan, SQ.

Baca Juga

Dia menjelaskan bagian-bagian dari Alquran yang dibaca setiap hari selama Ramadhan sampai selesai. SQ mengatakan dia ingin doa khusus ini dibacakan di jantung kota karena suatu alasan. “Kami di sini hadir untuk menjelaskan kepada semua orang yang tidak tahu apa itu Islam. Islam adalah agama damai,” ujarnya.

Pesan yang dibagikan selama acara adalah tentang persatuan dan khotbah larangan kekerasan. Seorang pria mengatakan ada banyak kesalahpahaman tentang Islam. “Ada orang gila di semua budaya, semua agama, dan kelompok kecil orang itu tidak mewakili mayoritas. Kami didorong untuk berdoa, berpuasa, melakukan perbuatan baik dan bersedekah,” katanya.

Sementara, QS menyebut Alquran adalah wahyu ilahi yang merupakan wahyu terakhir diberikan kepada Nabi Muhammad yang menjadi utusan terakhir. “Kita semua bersatu dan terhubung bersama. Orang-orang harus berhenti mencoba memecah belah umat Kristen, Muslim, Yahudi dan semua orang. Anda bekerja dengan orang-orang ini. Anda naik kereta dengan orang-orang ini. Kita semua benar-benar satu,” kata penyelenggara acara yang lain Ali Camara, dikutip CBS News, Ahad (3/4/2022).

Ramadhan berlangsung selama 30 hari yang berakhir pada 1 Mei dan diikuti Idul Fitri pada 2 Mei. Idul Fitri juga dikenal sebagai perayaan akhir Ramadhan.

https://www.cbsnews.com/newyork/news/ramadan-times-square/

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X