Saluran Cerna Istirahat 14 Jam, Berbukalah dengan yang Manis, Jangan Langsung Makan Berat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Sabtu 02 Apr 2022 17:00 WIB

Ilustrasi kurma. Makanan manis saat berbuka puasa, seperti kurma, kolak, koktail buah, jus buah, dapat dengan cepat menggantikan glukosa darah. Foto:

1

Jangan berlebihan

Fiastuti mengingatkan agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan manis, cukup satu porsi. Jangan sejak buka sampai mau tidur keterusan makan makanan manis. Ini bisa menyebabkan kadar glukosa darah meningkat.

"Kalau dikonsumsi berlebihan, hati-hati peningkatan berat badan," ujarnya.

Makan lengkap

Setelah menjalankan ibadah sholat Maghrib, makanlah menu lengkap dengan jumlah cukup. Makanan terdiri dari karbohidrat seperti nasi, kentang, bihun dan oat, protein seperti ikan, ayam, telur, tahu dan tempe, lemak seperti minyak, sayur, dan buah. Jangan lupa minum sekitar enam gelas dari waktu berbuka sampai waktu tidur.

Makanan setelah sholat tarawih

Untuk menghindari peningkatan berat badan, Fiastuti menyarankan makan buah potong atau salad sayuran. Untuk menjaga atau meningkatkan berat badan, lebih baik menyantap makanan kecil padat kalori, misalnya makaroni dan lontong isi.

Bisa juga konsumsi segelas susu untuk orang tua dengan nafsu makan kurang. Jangan lupa minum air putih sekitar dua gelas.

Sahur

Saat sahur, cukupi 40 persen kebutuhan kalori harian. Makan besar porsinya 30 persen dan makanan kecil 10 persen dari total kalori yang dibutuhkan.

"Minum dua-tiga gelas saat sahur," kata Fiastuti.

 

Terpopuler