Tiga Langkah Mudah Mengatasi Kecemasan Saat Ramadhan Datang

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 01 Apr 2022 17:41 WIB

Bulan Ramadhan (ilustrasi). Tiga Langkah Mudah Mengatasi Kecemasan Saat Ramadhan Datang Foto:

1

Tangani setiap masalah satu per satu dan tentukan solusi untuk membantu Anda mempersiapkannya. Beberapa hal, seperti lapar dan haus, tidak bisa sepenuhnya dihindari. Namun, dampaknya dapat dikurangi dengan persiapan yang matang, seperti menyesuaikan jadwal dan perencanaan makan yang cermat.

Cara bijak menyiapkan Ramadhan

Jadwal kerja

Anda bisa bekerja ekstra di pagi hari, segera setelah makan sahur dan sholat subuh, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum terlalu lapar. Orang lain akan memecah pekerjaan menjadi beberapa bagian seperti di pagi hari, kemudian setelah tidur siang, dan kadang-kadang bahkan di tengah malam. 

Makanan bernutrisi

Merencanakan makanan untuk memaksimalkan nutrisi sambil meminimalkan efek samping negatif juga merupakan cara bijak mempersiapkan Ramadhan. Tidak lupa untuk minum banyak air sepanjang malam juga akan membantu Anda tetap terhidrasi.

Kebiasaan kopi atau soda mungkin telah menyebabkan kecanduan kafein, Anda bisa mengonsumsi kafein setelah buka puasa untuk menghindari sakit kepala, meskipun ada banyak solusi lain.

Menjadwal ulang aktivitas

 

Ramadhan kemungkinan akan sedikit mempengaruhi rutinitas harian Anda, sehingga perlu untuk menjadwal ulang atau justru beristirahat sejenak darinya. Misalnya rutinitas olahraga yang tidak bisa ditinggalkan, maka yang perlu dilakukan mencari waktu yang paling cocok untuk tubuh Anda yang berpuasa.