Kamis 31 Mar 2022 16:30 WIB

Rabithah: Ramadhan 1443 H Momentum Bangkit Jasmani Rohani  

Rabithah ajak umat Islam sambut Ramadhan dengan penuh syukur dan taat

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Taufiq, mengajak umat Islam sambut Ramadhan dengan penuh syukur dan taat
Foto: Dok Istimewa
Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Taufiq, mengajak umat Islam sambut Ramadhan dengan penuh syukur dan taat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Organisasi habaib se-Indonesia Rabithah Alawiyah menyampaikan, Ramadhan 1443 H menjadi momentum bangsa Indonesia bangkit secara jasmani dan rohani. 

Rabithah pun mengajak pada seluruh umat Islam agar memanfaatkan semaksimal mungkin Ramadhan kali ini dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT sekaligus berbuat baik kepada sesama.  

Baca Juga

Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Taufiq Assegaf, menyambut baik keputusan pemerintah yang telah membolehkan kegiatan ibadah Ramadhan berlangsung di masjid-masjid. 

Menurut Habib Taufiq, kesempatan untuk kembali dapat beribadah secara berjamaah di masjid akan menjadi sarana terbaik untuk bangkit pascapandemi. 

"Keputusan pemerintah yang mengizinkan kegiatan ibadah Ramadhan di masjid adalah momentum untuk meningkatkan kualitas rohani sekaligus jasmani. Karena rohani yang baik akan mendukung pula jasmani yang baik pula," tutur Habib Taufiq dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (31/3/2022). 

Habib Taufiq juga meminta umat menjadikan pengalaman pascapandemi lalu sebagai muhasabah. Adanya pembatasan fisik selama pandemi lalu membuktikan manusia pada dasarnya tak memiliki banyak kuasa. 

"Pandemi kemarin jadi pelajaran bahwa virus yang tidak terlihat oleh pandengan mata saja, begitu besar dampaknya bagi kehidupan manusia. Bagi orang beriman, ini adalah bukti bahwa manusia itu sejatinya tidak memiliki daya apa-apa kecuali atas rahmat Allah," ujar Habib Taufiq. 

Karena itu, atas rahmat Allah pula kini umat Islam dapat kembali melaksanakan kegiatan ibadah Ramadhan di masjid seperti sedia kala. "Manfaatkan rahmat Allah ini dengan bersyukur. Caranya adalah dengan selalu memakmurkan masjid untuk beribadah," ujar Habib Taufiq. 

Habib Taufiq menilai, masjid selalu memberi manfaat untuk memperkuat sendi-sendi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hidupnya masjid juga akan menghidupkan sendi kegiatan masyarakat, baik secara sosial, ekonomi, dan budaya. 

"Masjid tak sekadar menjadi pusat ibadah, melainkan juga menjadi pusat budaya, sosial, dan ekonomi. Dengan memakmurkan masjid kita tak hanya memperkuat hubungan kepada Allah tetapi juga kepada sesama," ucap Habib Taufiq.  

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement