Ribuan Santri Semarakkan Tarhib Ramadhan di Pontianak

Red: Ani Nursalikah

Rabu 30 Mar 2022 19:43 WIB

Refleksi Umat Muslim tengah melaksanakan sholat gerhana matahari di Masjid Raya Mujahidin, Pontianak, Kalbar, Rabu (9/3). Ribuan Santri Semarakkan Tarhib Ramadhan di Pontianak Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang Refleksi Umat Muslim tengah melaksanakan sholat gerhana matahari di Masjid Raya Mujahidin, Pontianak, Kalbar, Rabu (9/3). Ribuan Santri Semarakkan Tarhib Ramadhan di Pontianak

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Ribuan santri menghadiri kegiatan Semarak Tarhib Ramadhan 1443 Hijriyah yang dilaksanakan oleh Yayasan Imam Asy-Syafi'i di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Kalimantan Barat.

"Acara ini dihadiri dari 116 cabang dan ada sekitar 2.000 santri beserta wali santri yang hadir, atau jauh melebihi target kami awalnya hanya seribu orang," kata Ketua Panitia Semarak Tarhib Ramadhan Waldiansyah, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan, dalam acara ini ada tausiyah motivasi bagi anak-anak santri untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Lalu, ada acara tambahan, yaitu penampilan seperti pembacaan ayat suci Alquran dari anak santri. Kegiatan ini merupakan persiapan santri sebagai tambahan ilmu, dan ilmu tersebut dapat diamalkan pada bulan suci Ramadhan nantinya.

Dia berharap dengan kegiatan ini dapat menyadarkan dan memberikan tausiyah kepada santri dan wali santri mengenai ibadah dan persiapan ibadah selama bulan suci Ramadhan.

"Agenda ini merupakan yang pertama diadakan dan akan menjadi kegiatan tahunan Rumah Qur'an Imam Syafi'i. In syaa Allah tahun berikutnya akan kita adakan lagi," katanya.

Staf Kemenag Kota Pontianak Juliansyah Ahmad menyambut baik telah diselenggarakannya Semarak Tarhib Ramadhan di Masjid Raya Mujahidin Pontianak. "Kami melalui kegiatan ini maka menambah semangat bagi umat Muslim dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan," ujarnya.