Waktu Imsak Sebagai Batas Sahur, ini Penjelasannya

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

Kamis 31 Mar 2022 05:05 WIB

Ilustrasi Waktu Imsak Foto:

1

Waktu imsak yang popular di kalangan kebanyakan orang muslim Indonesia adalah 10 menit sebelum masuk waktu subuh. Dan itu sudah sangat masyhur sekali. 

Padahal bukanlah itu waktu sebenarnya imsak, kalau dilihat dari makna imsak itu sendiri. Karena makna imsak adalah menahan, dan waktu menahan itu mulai ketika waktu subuh bukan 10 menit sebelumnya. Dan itu adalah waktu yang masih dibolehkan untuk makan dan minum. 

Tapi kemudian, ini bisa dipahami dan maklumi, bahwa imsak ketika 10 menit sebelum adzan subuh adalah sebagai kehati-hatian, dan juga persiapan. Dan ternyata Nabi pun tidak benar-benar menahan atau imsak di waktu subuh. 

Nabi justru sudah berhenti makan dan minum sebelum waktu subuh datang. Dan itu jelas terbukti dalam beberapa riwayat . Salah satunya ini. 

عن أنس بن مالك ، عن زيد بن ثابت قال : تسخرنا مع النبي صلى الله عليه وسلم ، ثم قمنا إلى الصلاة ، قال : قلت : كم كان قدر ذلك ؟ قال : قدر خمسين آية

Dari Zaid bin Tsabit, beliau berkata : " Kami sahur bersama Nabi, lalu kami beranjak menuju shalat  subuh. Anas bertanya, berapa jarak keduanya? (antara sahur dan shalat). 

Beliau mengatakan, " Sekitar bacaan qur'an 50 ayat. (Tirmidzi)

Itulah kenapa kemudian ada beberapa atau bahkan banyak ulama membuat waktu persiapan untuk imsak sebagai bentuk hati-hati agar masuk ke dalam waktu puasa dan ia sudah benar-benar siap.n R

Terpopuler