Satukan Keluarga dengan Alquran di Bulan Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Ahad 27 Mar 2022 05:55 WIB

Ilustrasi Ramadhan dan Kedamaian Foto:

1

Diriwayatkan dalam Al-Bukhari, Abu Hurairah menyebut Rasulullah SAW pernah bersabda, "Allah SWT berfirman, 'Barangsiapa yang memusuhi wali- Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah Hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dari pada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan Ibadah-Ibadah Sunnah hingga Aku mencintainya.

Jika Aku telah mencintainya, Aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang dia gunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang dia gunakan untuk berbuat, dan menjadi kakinya yang dia gunakan untuk berjalan. Jika dia meminta kepada-Ku, Aku pasti memberinya. Dan jika dia meminta perlindungan kepada-Ku, Aku pasti melindunginya'".

Cara terbaik untuk menyenangkan Allah SWT adalah dengan menyembah-Nya secara kolektif sebagai satu kesatuan dengan keluarga. Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memulai dan menghidupkan kembali iman.

"Luangkan waktu dari jadwal sibuk Anda dan buat tujuan sebelum Ramadhan, sehingga siap saat Ramadhan. Persiapkan hari-hari Ramadhan sebagaimana Anda mempersiapkan diri untuk bertemu dengan otoritas yang lebih tinggi. Buat keluarga mengetahui proyek yang akan Anda mulai," tulis Umm Muadh.

Salah satu dari banyak cara untuk terhubung dengan Alquran adalah memulai pertemuan dengan semua anggota keluarga yang hadir. Misalnya, pasangan tiba dari kantor sekitar waktu ashar, maka tunggu kepulangannya lalu shalat berjamaah.

Selanjutnya, duduklah bersama keluarga dalam lingkaran, dengan tujuan lebih mudah melakukan kontak mata dan menyapa masing-masing dari mereka. Mulailah dengan berbicara tentang bagaimana hari itu berlalu, lalu pilih sebuah ayat dari Alquran.

 

 

Terpopuler