Ratusan Anggota TNI AD di Ngawi Bersihkan Masjid Jelang Ramadhan 

Red: Nashih Nashrullah

Sabtu 26 Mar 2022 11:49 WIB

Ratusan anggota TNI dari Kodim 0805 Yon Armed 12 dan Sub Denpom V1-2 Ngawi mengerahkan ratusan personelnya untuk membantu warga membersihkan 217 masjid yang ada di wilayah setempat. Foto: Antara Ratusan anggota TNI dari Kodim 0805 Yon Armed 12 dan Sub Denpom V1-2 Ngawi mengerahkan ratusan personelnya untuk membantu warga membersihkan 217 masjid yang ada di wilayah setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, NGAWI— Ratusan anggota TNI Angkatan Darat dari berbagai kesatuan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, bergotong royong membantu warga membersihkan masjid, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H/2022.

"Hari ini, kami TNI AD dari berbagai kesatuan di Ngawi secara serentak membantu warga membersihkan masjid sebagai persiapan bulan suci Ramadhan melalui Operasi Geradakan, yakni Gerakan Tentara dalam Tindakan Nyata," ujar Dandim 0805/Ngawi, Letkol Inf Adi Wirawan, di sela kegiatan di Masjid Al-Qomariyah, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, Jumat (26/3/2022).

Baca Juga

Menurut dia, jumlah personel yang terlibat mencapai lebih dari 452 orang dari berbagai kesatuan, di antaranya Kodim 0805/Ngawi, Batalion Armed 12/Kostrad, Subdenpom Ngawi dan lainnya.

"Total ada sekitar 217 masjid yang kami bersihkan secara serentak satu hari ini di seluruh wilayah Ngawi," kata dia.

Dia menjelaskan, kegiatan Operasi Geradakan tersebut merupakan kegiatan kepedulian sosial serta salah satu bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat. 

Selain itu kegiatan tersebut juga sebagai ajang silaturahim kepada masyarakat agar hubungan yang selama ini terjalin dengan baik akan selalu terjaga.

Dia menjelaskan target dalam kegiatan gotong royong tersebut adalah membersihkan seluruh pekarangan masjid, termasuk juga kamar mandi, seluruh sisi masjid dan pengecatan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, juga dapat memberikan kenyamanan dalam beribadah, khususnya di bulan suci Ramadhan sebentar lagi," katanya.

Pihaknya juga meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas, termasuk juga saat beribadah di masjid guna mencegah penularan Covid-19.