Memahami Apa Itu Lailatul Qadar

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 20 Apr 2022 00:25 WIB

Seorang bocah memegang lampu botol saat merayakan tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu di Telaga, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (9/5/2021). Perayaan malam pasang lampu tersebut dilakukan tiga hari jelang Idul Fitri dan menyambut Lailatul Qadar dengan menyalakan lampu minyak di halaman rumah, masjid dan lapangan. Memahami Apa Itu Lailatul Qadar Foto:

Lailatul qadar hanya berlaku untuk umat Nabi Muhammad SAW.

Ibnu Abbas radhiyallahu anhu menyebutkan yang dimaksud adalah peristiwa turunnya seluruh ayat Alquran dalam satu kali turun, yaitu dari Lauhil Mahfudz ke langit dunia atau sebutannya Baitul Izzah. Sedangkan Asy-Sya’bi menyebutkan yang dimaksud di sini adalah bahwa di malam qadar itu turun permulaan ayat Alquran ke muka bumi.

Ada kemungkinan kedua pendapat ini tidak keliru. Sebab para ulama meyakini bahwa Alquran memang mengalami proses penurunan dua kali. Penurunan yang pertama adalah turunnya Alquran dari Lauhil Mahfudz ke langit dunia, sebagaimana pendapat Ibnu Abbas.

Sedangkan penurunan yang kedua, dari langit dunia ke muka bumi, yang turunnya pertama kali hanya lima ayat penggalan awal dari surat Al-Alaq. Keduanya bisa saja terjadi pada malam qadar, meski pada zaman yang berbeda.

Lebih Baik dari Seribu Bulan

Keutamaan selanjutnya dari lailatul qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan. Malam ini dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. (QS Al-Qadar: 3)

Para ulama menetapkan bila seseorang beramal shalih di malam qadar itu, maka dia akan mendapat pahala seperti melakukannya dalam 1.000 bulan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X