7 Tips Agar Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 24 Mar 2022 01:00 WIB

Ilustrasi Buka Puasa Bersama. 7 Tips Agar Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik Foto:

1

Ganti playlist musik menjadi tilawah Alquran atau ceramah

Banyak dari kita berjuang berhenti mendengarkan musik hingga menjadi kecanduan.  Kecanduan itu membebani hati dan Ramadhan dimaksudkan untuk membasuh hati kita.

Jadi tukar musik dengan yang bermanfaat bagi Anda sekarang dan nanti. Bisa juga menggantinya dengan podcast ceramah atau pengajaran tentang Islam.

Berusaha lebih dermawan

Nabi (SAW) digambarkan lebih dermawan daripada angin kencang selama Ramadhan. Keyakinan utama dalam iman kita adalah ketika kita memberi, Allah mengembalikan lebih banyak kepada kita.  

Maka tentu saja ketika Anda memberi untuk tujuan-Nya, Dia dapat memberi Anda lebih baik. Dan sumbangan yang baik tidak akan pernah hilang.

Lakukan lebih banyak amalan sunnah

Semua tindakan sunnah yang Anda pelajari ketika Anda masih muda, maka lakukanlah. Bisa dengan sholat sunnah, berdoa, dzikir, bersiwak, memberi iftar orang lain, silaturahim dan lainnya. 

Baca Alquran lebih banyak

Ada beberapa orang yang melakukan ini dengan mudah, dan alhamdulillah, itu adalah berkah dari Tuhan. Tetapi beberapa lainnya sangat berjuang membiasakannya.

Namun, coba ambil langkah kecil. Seperti mendengarnya saat di rumah atau memutarnya saat mengemudi. Unduh aplikasi Quran di ponsel dan buat janji agar tidak akan tidur tanpa membaca ayat dalam jumlah tertentu.

Santai saat berbuka puasa

Saat berbuka puasa, jangan terburu-buru. Pelan-pelan. Minum air putih yang cukup dan jangan memaksakan makan berat berlebih.  Anda tidak perlu makan tiga kali karena melewatkan makan siang. Sugestikan diri bahwa tubuh Anda bisa menerimanya. Pacu diri Anda saat berbuka puasa dan makanlah sampai Anda kenyang dengan nyaman.

Tunaikan sholat maghrib dan isya/tarawih. Makanlah sedikit lebih banyak jika Anda lapar tetapi demi keberkahan Allah, tidak ada seorang pun yang boleh menambah berat badan saat makan selama bulan Ramadhan. Ada banyak resep Ramadhan sehat jika Anda butuh bantuan di internet.