Cara Nabi Muhammad SAW Menjalankan Puasa

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 03 Apr 2022 00:05 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Cara Nabi Muhammad SAW Menjalankan Puasa Foto:

1

Hal lain yang dilakukan Nabi saat berpuasa adalah bersedekah kepada fakir miskin. Ramadhan merupakan waktu untuk memberikan bantuan kepada saudara Muslim yang kurang beruntung.

Diriwayatkan Ibn Abbas RA, "Nabi SAW adalah yang paling dermawan dari semua orang, dia biasa menjadi lebih murah hati di bulan Ramadan ketika Jibril bertemu dengannya. Jibril biasa menemuinya setiap malam selama Ramadan untuk merevisi Alquran bersamanya. Utusan Allah, Muhammad SAW lebih murah hati daripada angin kencang". (Al-Bukhari).

Ibadah lain yang selalu dilaksanakan Nabi sembari berpuasa adalah membaca dan mennghatamkan Alquran. Sebagai bulan dimana Alquran diturunkan, Nabi dan para sahabat membaca Alquran lebih sering dari waktu-waktu lainnya.

Dalam sebuah hadits disebutkan, "Saya tidak tahu bahwa Rasulullah SAW membacakan seluruh Alquran dalam satu malam, atau shalat Qiyam sampai pagi, atau pernah berpuasa sebulan penuh kecuali Ramadhan". (HR Nasa'i)

Saat waktu berbuka puasa dikumandangkan, Nabi Muhammad mengajak seluruh umat untuk tidak menundanya. Dalam HR Abi Dawud disebutkan, "Orang-orang akan terus melakukannya dengan baik (puasa) selama mereka cepat berbuka puasa".

Terakhir, saat malam Nabi Muhammad akan melakukan shalat Tarawih. Ibadah ini adalah sholat sunnah yang dikhususkan untuk malam-malam Ramadhan.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapa pun yang berdoa di malam hari di bulan Ramadhan karena keimanan yang tulus dan mencari pahala dari Allah, semua dosanya sebelumnya akan diampuni". (Bulugh al-Maram) 

 

https://www.havehalalwilltravel.com/8-habits-of-prophet-to-adopt-ramadan-2019