Michigan Buka Pasar Ramadhan Pertama

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 18 Mar 2022 19:12 WIB

Lampu-lampu hias bertema Ramadhan terpasang di sebuah rumah di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Michigan Buka Bazar Ramadhan Pertama. Foto: AP/Carlos Osorio Lampu-lampu hias bertema Ramadhan terpasang di sebuah rumah di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Michigan Buka Bazar Ramadhan Pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk pertama kalinya, Michigan menggelar pasar Ramadhan selama satu bulan penuh. 

Pasar Ramadhan nanti akan dimulai pada 19 Maret 2021. Pasar akan menjual dekorasi, lentera, makanan, pacar untuk kuku, pakaian Muslim, dan lainnya untuk menghormati bulan suci Ramadhan.

Baca Juga

Pasar Ramadhan ini diinisiasi oleh Pemilik Flowing Script, bisnis kaligrafi Arab dan Inggris, Fatima Siddiqui. Ia mengaku pernah melihat pasar Natal di daerah itu, tetapi tidak pernah melihat Pasar Ramadhan. Karena itu ia mengadakan Pasar Ramadhan, untuk membantu umat Islam Michigan menyambut bulan suci.

“Ini untuk mencoba mempromosikan semua bisnis Muslim di Michigan dengan cara yang meriah menyambut bulan Ramadhan,” kata Siddiqui dilansir dari About Islam, Jumat (18/3/2022).

“Ini menyampaikan kepada Muslim bahwa ‘Kami di sini. Kami menciptakan semua dekorasi Ramadhan ini untuk Anda.'” ujarnya.

Pasar Ramadhan akan menampilkan barang-barang dari lebih dari 20 vendor untuk dekorasi Ramadhan, pakaian Islami untuk wanita, dan kartu ucapan khusus. “Kami merasa lebih terlihat sebagai Muslim dan kami merasa Ramadhan menjadi pengetahuan umum,” tambah Siddiqui.

Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Ramadhan tahun ini akan berlangsung dari 2 April hingga 2 Mei di Amerika Serikat.

Di bulan Ramadhan, Muslim dewasa yang sehat akan berpuasa satu hari penuh. Umat muslim tidak makan dan minum termasuk tidak merokok dan tidak hubungan seks, antara fajar hingga matahari terbenam. Muslim mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci untuk menjadi lebih dekat dengan Allah melalui doa, pengendalian diri, dan perbuatan baik.