Video Gim Islami Muslim 3D akan Diluncurkan Ramadhan

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 26 Feb 2022 04:15 WIB

Salah satu karakter dalam gim islami, Muslim 3D. Video Gim Islami Muslim 3D akan Diluncurkan Ramadhan Foto:

1

"Bayangkan Anda sedang dalam perjalanan petualangan haji di dunia maya yang juga menunjukkan kepada Anda di mana dan bagaimana mendaftar untuk tur haji di dunia nyata," ujar Chbib.

Chbib mengatakan apa yang bisa dilakukan lebih lanjut tergantung pada anggaran investasi. "Kami sedang melakukan pekerjaan perintis," kata Chbib, yang menunjukkan bahwa dia membutuhkan sumber daya manusia tambahan untuk mempercepat prosesnya.

Saat ini, tim Bigitec terdiri dari delapan anggota. Chbib bukanlah pendatang baru dalam memproduksi aplikasi dan gim. Brainseed Factory, sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak yang dia dirikan pada 2013, mendapatkan beberapa penghargaan nasional dan internasional untuk judul debut Typoman.

Pada 2020, Brainseed Factory menerima sponsor 130 ribu dolar AS (sekitar Rp 1,8 miliar) dari pemerintah Jerman untuk mengembangkan The 7th Axe, sebuah gim aksi-petualangan 2.5D yang diatur dalam mitologi Albania. Dengan program pendanaan hingga 57 juta dolar AS (sekitar Rp 819 miliar) per tahun, pemerintah Jerman mengakui potensi inovasi dari industri gim komputer global yang sedang berkembang.

Jerman adalah pasar terbesar di Eropa dan pasar terbesar kelima di dunia, tapi negara ini kurang relevan sebagai lokasi pengembangan. Banyak perusahaan kecil yang sebagian besar independen berada di sana.

Meskipun sudah ada sekitar 590 studio pengembang, tetapi hanya tujuh persen yang memiliki lebih dari 25 karyawan. Dubai juga telah merangkul potensi ekonomi dari industri kreatif.

Pada April 2021, Emirat meluncurkan strategi ekonomi kreatif, termasuk industri perangkat lunak dan video gim sebagai bidang kreatif. Ini bertujuan menggandakan kontribusi PDB industri kreatif dari 2,6 persen pada 2020 menjadi 5 persen pada 2025.

Rencananya adalah menggandakan jumlah perusahaan kreatif yang berbasis di Dubai dari 8.300 pada 2020 menjadi 15 ribu pada 2025. Menurut Newzoo, pasar gim global diperkirakan akan tumbuh dari 175,8 miliar dolar AS (sekitar Rp 2,5 kuadriliun) pada 2021 menjadi melampaui 200 miliar dolar AS (sekitar Rp 2,8 kuadriliun) pada 2023. 

 

https://www.salaamgateway.com/story/muslim-3d-an-islamic-video-game-set-to-launch-by-ramadan

Terpopuler