Kiat Lebaran yang Aman di Masa Pandemi

Red: Agung Sasongko

Selasa 11 May 2021 06:35 WIB

Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (10/5). Menjelang H-3 lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, Pusat perbelanjaan mulai dipadati pengunjung yang hendak berbelanja untuk kebutuhan lebaran. Pengunjung diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di area pusat perbelanjaan. Republika/Thoudy Badai Foto:

1

Sementara itu, Kepala divisi penyakit menular di University at Buffalo Dr. Thomas Russo, mengatakan apabila Anda divaksinasi penuh, bepergian jauh lebih aman walau tidak 100 persen Anda terhindar dari COVID-19.

"Vaksinnya sangat bagus, tetapi tidak sempurna. Meskipun Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menularkan penyakit atau tertular, masih ada peluang," kata dia seperti dikutip dari Insider.

Pakar kesehatan menyarankan agar individu yang divaksinasi terus memakai masker di depan umum walau sudah divaksin.Terkait apakah aman untuk bepergian saat ini, jawabannya bergantung pada variabel seperti bagaimana Anda merencanakan perjalanan, ke mana Anda ingin pergi, tingkat infeksi di tempat tujuan, dan perilaku Anda setelah Anda tiba di tujuan.

Bila Anda ingin berlibur dengan aman selama COVID-19 dan mencari ide liburan yang lebih aman, pikirkan perjalanan darat dan penginapan seperti persewaan liburan pribadi atau hotel dengan kebijakan COVID yang ketat.

Terpopuler