Wesley Fofana dan Kyrie Irving Tampil Impresif Saat Puasa

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Senin 10 May 2021 19:25 WIB

Pemain Leicester Wesley Fofana menggunakan desain di rambutnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leicester City dan Southampton di Stadion King Power di Leicester, Inggris, Sabtu, 16 Januari 2021. Foto:

1

Praktik tersebut menimbulkan masalah besar dalam sepak bola papan atas. Sementara klub telah menginvestasikan ratusan juta dolar untuk pemain.  Setiap aspek dari rutinitas harian mereka diperiksa, dan dikelola secara mikroskopis.

Di samping itu, Ba tidak setuju dengan penilaian pelatihnya. "Orang mengatakan itu karena Ramadhan. Saya hanya mengatakan itu karena saya bergabung dengan tim baru," katanya dalam film dokumenter BBC 2013 The Muslim Premier League.  

"Setiap kali saya memiliki manajer yang tidak menyukainya, saya hanya akan berkata, 'Dengar, saya akan melakukannya (puasa). Jika penampilan saya masih bagus, maka saya tetap bermain. Jika buruk, Anda menurunkan saya ke bangku dan hanya itu',"  lanjut Ba.

Adapun pengalaman Ba ​​merupakan hal biasa bagi pemain Muslim di level tertinggi. Ketegangan muncul kembali setiap tahun. Atlet harus membuat keputusan untuk menjalankan kewajiban agamanya, dan menghadapi pengawasan, atau berbuka puasa terlepas dari keyakinan agama mereka. 

Di sisi lain, atlet terkenal seperti bek Leicester City, Wesley Fofana dan bintang National Basketball Association (NBA), Kyrie Irving telah menjadi berita utama yang positif. Hal ini karena mereka menunjukkan penampilan luar biasa saat berpuasa.

Di Liga Utama Inggris, Fofana memacu Leicester untuk kemungkinan finis empat besar dan kualifikasi Liga Champions UEFA. Sementara Irving rata-rata mencetak lebih dari 25 poin permainan untuk Brooklyn Nets sejak Ramadan dimulai di Amerika Serikat (AS).