Teks dan Naskah Khutbah Idul Fitri 2021 tentang Kesucian

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil

Senin 10 May 2021 17:31 WIB

Teks dan Naskah Khutbah Idul Fitri 2021 tentang Kesucian . Foto: Idul Fitri Ilustrasi Foto:

1

Begitulah penuturan suatu babak dalam cerita langit, suatu drama kosmis, yang melibatkan leluhur manusia. Adam telah terikat janji dengan Tuhan untuk taat kepada-Nya. Namun ia lupa, karena godaan setan yang takkan binasa (mulk-un Ia yabla). Mereka berdua melanggar, memakan buah pohon terlarang, lupa akan janjinya kepada Tuhan.

Keinginan hidup abadi! Akibatnya kita menjadi serakah, terkungkung nafsu, membekali diri dengan mengumpulkan kekayaan untuk tujuh turunan, tidak peduli dengan penyelewengan, kecurangan! Nafsu mendapatkan kekuasaan yang takkan binasa!

Maka kita pun mengabaikan segala ketentuan, melanggar segala larangan, demi kekuasaan. Harta dan tahta! ltulah yang selalu menggoda manusia, hasil bisikan lblis musuh Tuhan yang terlaknat sampai hari kiamat. ltulah yang mendorong manusia jatuh tidak terhormat, kehilangan harkat dan martabat. Kita umat manusia adalah anak cucu Adam. Maka kita pun menyimpan dalam diri kita nafsu serakah kepada harta dan tahta, yang membuat kita lupa akan segala larangan dan batasan.

Maka seperti Adam dan Hawa' leluhur kita yang diusir dari surga, kita selalu terancam mengalami kejatuhan yang hina, hidup penuh derita dan nestapa, sampai datang saatnya kita kembali kepada Tuhan dan bertobat penuh penyesalan. Tetapi umat manusia, anak cucu Adam, akan terus hidup bermusuhan, saling membunuh, dan membuat kerusakan, kecuali mereka yang mendapat bimbingan, rahmat, dan kasih-sayang Tuhan.

Adam dan Hawa', nenek moyang kita yang mewariskan bahaya keserakahan harta karena ingin hidup abadi dan nafsu berkuasa yang tidak akan berhenti. Karena potensi keserakahan itulah, para malaikat dahulu memprediksi Adam dan keturunannya akan membuat kerusakan di bumi dan menumpahkan darah. Namun rahmat dan kasih-sayang Allah meliputi segala sesuatu, dan Dia adalah Penerima taubat:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (53) وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ (54) وَاتَّبِعُوا أَحْسَنَ مَا أُنزلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ بَغْتَةً وَأَنْتُمْ لَا تَشْعُرُونَ (55) أَنْ تَقُولَ نَفْسٌ يَا حَسْرَتَى عَلَى مَا فَرَّطْتُ فِي جَنْبِ اللَّهِ وَإِنْ كُنْتُ لَمِنَ السَّاخِرِينَ (56) أَوْ تَقُولَ لَوْ أَنَّ اللَّهَ هَدَانِي لَكُنْتُ مِنَ الْمُتَّقِينَ (57) أَوْ تَقُولَ حِينَ تَرَى الْعَذَابَ لَوْ أَنَّ لِي كَرَّةً فَأَكُونَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ (58) بَلَى قَدْ جَاءَتْكَ آيَاتِي فَكَذَّبْتَ بِهَا وَاسْتَكْبَرْتَ وَكُنْتَ مِنَ الْكَافِرِينَ (59)

"Katakanlah: ‘Hai para hamba, umatku, yang telah melampaui batas terhadap diri sendiri mereka, janganlah berputus asa dari rahmat Allah! Sesungguhnya Allah mengampuni segala dosa. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha penyayang. Kembalilah kamu sekalian kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya, sebelum datang azab kepadamu dan kamu tidak tertolong lagi. Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, dan kamu tidak menyadari. Janganlah sampai kelak ada yang berkata, ‘Alangkah menyesalku atas kelalaianku di sisi Allah, sungguh aku termasuk mereka yang meremehkan. Atau janganlah sampai kelak ada yang berkata: ‘Kalau saja Allah memberiku petunjuk, tentulah aku termasuk mereka yang bertakwa.' Atau janganlah sampai kelak ada yang berkata, ketika melihat azab: ‘Kalau saja aku dapat kembali ke dunia, niscaya aku akan termasuk mereka yang beramal kebajikan." Sebenarnyalah, telah datang berbagai keterangan-Ku kepadamu, namun engkau mendustakannya dan menyombongkan diri, dan engkau termasuk mereka yang ingkar). (QS. az-Zumar/39:53-59)·

Hari ini, pada Hari Raya Fitrah ini, adalah saat yang baik kita menarik pelajaran dari leluhur kita, Adam dan Hawa'. Janganlah sampai kita mengulangi pelanggaran Adam dan Hawa'. Menuruti bisikan jahat setan, mengumbar hawa nafsu keserakahan karena janji palsu hidup abadi dan kekuasaan yang tak bakal terhenti. Hari Raya ini adalah kesempatan yang amat baik untuk merenung, dengan ingat dan menangkap isyarat do'a yang diajarkan Allah kepada kita semua,

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

"Katakanlah: "Wahai Tuhan Pemilik segala kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapapun yang engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapapun yang Engkau kehandaki; Engkau muliakan siapapun yang Engkau kehendaki dan engkau hinakan siapapun engkau kehendaki. Di tangan-Mu segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu". (QS. Ali 'lmran/3:26).

 

Kaum muslimin dan muslimat yang terhormat  Bangsa kita telah mengalami malapetaka yang dahsyat beberapa waktu yang lalu, karena kita lupa akan pesan kisah Adam dan Hawa'. Kita telah melanggar perjanjian antara manusia dan Tuhan.

Dampak dari semua pelanggaran itu masih terus berlangsung dan masih terasakan sampai sekarang. Kita bertikai mengumpulkan harta dan kekayaan, kita bersengketa berebut kedudukan dan kekuasaan. Kita nampaknya sedang mengulangi lagi kesalahan Adam. Akankah kita, seperti leluhur kita itu, juga tercampak dalam kehinaan, kehilangan semua nilai suci kemanusiaan, merusak tatanan hidup dan lingkungan yang danai sejahtera, terjerembab ke dalam jurang permusuhan dan pertumpahan darah yang tidak berkesudahan?! Semoga tidak!

Dan dengan datangnya Hari Raya Kesucian Manusia ini, kita berkasempatan memperbaiki diri, melakukan introspeksi dan kembali kepada kejadian primordial yang suci. Dalam suasana dan kesadaran kesucian itu, kita akan kembali kepada kebahagiaan primordial, tempat leluhur kita Adam dan Hawa' hidup bebas dan bahagia, yaitu kehidupan aman, tenteram dan damai. Dalam kebahagiaan itu, tidak ada sumpah-serapah dan caci-maki, melainkan ucapan salam, damai untuk semua.

جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ () لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا تَأْثِيمًا

Artinya:

"Di sana mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia, juga tidak ucapan tuduhan berdosa, melainkan ucapan "Damai, damai" semata". (QS. al-Waqi'ah/56:25-26).  

Dalam suasana rahmat dan kasih-Nya itu, Allah mengajarkan kepada kita bahwa hakikat kemanusiaan adalah satu, dengan tetap ada perbedaan yanga tidak hakiki, yang perbedaan itu tidak seharusnya membawa kepada pertikaian.

وَمَا كَانَ النَّاسُ إِلَّا أُمَّةً وَاحِدَةً فَاخْتَلَفُوا ۚ وَلَوْلَا كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَبِّكَ لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ فِيمَا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ

“Tidaklah manusia itu melainkan umat yang satu (sama), kemudian mereka berse/isih. Kalau tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dari Tuhanmu, pastilah telah diberi keputusan di antara mereka, tentang apa yang mereka perselisihankan itu". (QS. Yunus/10:19).

Karena itu, dalam suasana hidup penuh kedamaian tidaklah berarti bahwa perbedaan sesama manusia akan lenyap. Perbedaan yang tidak hakiki akan selamanya tetap ada di antara manusia. Tetapi dengan anugerah rahmat dan kasih- Nya kepada manusia, perbedaan itu tidak akan membawa pertikaian, dan memang demikian itulah Allah menciptakan manusia.

Sebaliknya, jika tiada anugerah rahmat kasih sayang Allah itu kepada kita, kemudian kita terus-menerus bersilang sengketa dan bertikai, maka itulah jaminan kita bakal hidup sengsara.

وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ لَجَعَلَ النَّاسَ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلا يَزَالُونَ مُخْتَلِفِينَ (118) إِلا مَنْ رَحِمَ رَبُّكَ وَلِذَلِكَ خَلَقَهُمْ وَتَمَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ لأمْلأنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ (119)

Artinya:

“Seandainya Tuhanmu menghendaki, tentu Dia jadikan seluruh manusia umat yang tunggal. Namun meereka se/amanya akan berselisih, kecuali yang mendapatkan kasih Tuhanmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka. Sabda Tuhanmu telah sempurna:'Pastilah Aku penuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia sekalian". (QS. Hud/11:118-119).

Maka dengan rahmat Allah, perbedaan bukanlah suatu cacat atau kekurangan. Perbedaan akan membawa barkah dan hikmah karena dapat menjadi pendorong perlombaan antara kita menuju berbagai kebaikan. Perbedaan sesama manusia adalah kehendak dan rahasia ilahi, dan kelak dalam alam Akhirat setelah kita mati, barulah kita akan mendapat keterangan apa hakikatnya!

وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Artinya:

“••• Untuk setiap umat diantara kamu, Kami telah berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah kehendaki, niscaya Dia jadikan kamu, umat manusia, umat yang tunggal. Tetapi Allah hendak menguji kamu dalam hal yang telah dianugerahkan-Nya kepadamu. Maka berlomba-lombalah kamu berbuat berbagai kebajikan. Kepada Allah-lah kembalimu semua, maka Dia akan jelaskan kepadamu tentang segala sesuatu yang telah kamu perselisihkan itu... ". (QS. al-Maidah/5:48).

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:

"Dan setiap umat punya arah kemana ia menghadap diri. Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbagai kebajikan. Di manapun kamu berada pasti Allah akan kumpulkan kamu sekalian. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu). (QS. al- Baqarah/2:148).

Bagi sementara kalangan di antara kita, perbedaan lahiri antara berbagai golongan disalahfahami sebagai perbedaan hakiki. Maka bagi mereka itu, seperti halnya bagi kaum musyrik, sulit sekali memenuhi ajakan untuk tidak berpecah belah, untuk bersatu dalam ajaran-ajaran dasar kesucian dari Tuhan Yang Maha Esa.

Maka karena persamaan dasar syari'at agama semua nabi itu, Allah ajarkan kepada kita sekalian agar beriman kepada semua kitab suci dan semua nabi, tanpa membeda-bedakan salah seorangpun dari antara mereka. Ajaran semua nabi itu sama, karena semua berasal dari Allah subhanahu wa-ta'ala, dan semua kembali kepada-Nya.

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Artinya:

"Rasul telah beriman kepada yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula kaum beriman. Semuanya beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab suci-Nya dan para rasui-Nya: “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun dari para rasui-Nya", dan mereka berkata: “Kami dengar dan kami patuh. Ampunilah kami ya Tuhan, dan kepada Engkaulah semuanya kembali". (QS. al-Baqarah/2:285).

Memang dalam kenyataannya, perbedaan lahiri, perbedaan yang tidak hakiki, tidak semuanya dapat dihindari. Demikian itu, antara lain karena adanya perbedaan latar belakang lingkungan kehidupan, baik lingkungan alam maupun lingkungan kemasyarakatan. Tetapi melalui kegiatan berlomba- lomba menuju kepada berbagai kebaikan (al-khairat), perbedaan yang ada akan justru membawa kepada hikmah rahmat Allah, karena menyedikan proses pembiakan silang untuk kuatnya pandangan dan wawasan.

Maka manusiapun berbeda-beda dan terbagi-bagi menjadi berbangsa dan bersuku-suku, semuanya tercipta atas kehendah Allah, agar kita saling kenai dan saling hargai, bukan untuk menjadi alasan membagi-bagi manusia secara diskriminatif, dengan pembagian tinggi-rendah yang tidak berdasarkan hasil kerja atau jasa kepada sesama manusia. Dalam pandangan Jlahi, manusia seluruhnya adalah sama, kecuali berdasarkan tingkat taqwanya.

 

Kaum muslimin dan muslimat yang terhormat

Maka, akhirnya, marilah kita ambil hikmah Hari Raya ini dengan sebaik-baiknya.

Marilah kita semua kembali kepada kesucian asal kita, kesucian fitrah yang hanif, yang dengan tulus mencari dan mengikuti kebenaran dan kebaikan.

Marilah kita tanamkan takwa dalam diri kita, menyadari kehadiran Tuhan dan pengawasan-Nya dalam segala kegiatan.

Marilah kita lawan godaan setan yang mendorong nafsu serakah, dan marilah kita tegakkan keadilan, demi kebahagiaan kita seluruh warga masyarakat dan Negara tanpa perbedaan.

Marilah kita galang persaudaraan antar umat, antar suku bangsa, dan antar sesama manusia seluruhnya. Marilah kita wujudkan itu semua dengan iman, amal kebajikan, bebas dari syirik pemujaan kepada harta dan kekuasaan.

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

“AIIah janjikan kepada mereka yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal kebajikan, bahwa Dia pasti akan jadikan mereka penguasa di bumi, sebagaimana Dia telah jadikan sebelumnya orang-orang berkuasa, dan pasti Dia akan teguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan dia pasti akan mengubah mereka dari suasana ketakutan menjadi aman tenteram. Mereka beribadat kepada-ku, tanpa mempersekutukan Aku dengan sesuatu apapun. Barangsiapa ingkar sesudah itu, mereka itulah orang-orang fasik". (QS. an- Nur/24:55).

Semoga Allah menganugerahkan kepda kita rahmat, taufiq, hidayah, dan 'inayah-Nya.

Sumber:

http://simbi.kemenag.go.id/epustaka_slims/index.php?p=show_detail&id=117

Terpopuler