Apa Itu Peringatan Nuzulul Quran?

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 28 Apr 2021 16:21 WIB

Apa Itu Peringatan Nuzulul Quran? Santri pondok pesantren Baitul Mustofa mengaji dengan penerangan lampu minyak saat pengajian Tadarus Al Quran di lapangan terbuka Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, Senin (27/5/2019). Pengajian dalam rangka Nuzulul Quran (malam turunnya kitab suci Al Quran) tersebut untuk mendekatkan santri dengan alam serta mendidik untuk santri rajin membaca Al Quran terutama pada bulan Ramadan. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha./pd. Foto: ANTARA FOTO Apa Itu Peringatan Nuzulul Quran? Santri pondok pesantren Baitul Mustofa mengaji dengan penerangan lampu minyak saat pengajian Tadarus Al Quran di lapangan terbuka Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, Senin (27/5/2019). Pengajian dalam rangka Nuzulul Quran (malam turunnya kitab suci Al Quran) tersebut untuk mendekatkan santri dengan alam serta mendidik untuk santri rajin membaca Al Quran terutama pada bulan Ramadan. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha./pd.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap kali Ramadhan datang, selain ibadah puasa dan itikaf, masyarakat Indonesia biasa memperingati peristiwa bersejarah Nuzulul Quran. Sebuah kejadian yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Secara bahasa, Nuzulul Quran berasal dari kata Anzala-Yunzilu-Inzaalan yang berarti menurunkan dan Quran yang merujuk pada Alquran. Sehingga secara istilah, Nuzulul Quran dapat diartikan sebagai momen atau peristiwa turunnya Alquran.

Baca Juga

Pimpinan Pesantren Darul Mukhlisin, Cikarang Ustadz Rizky Tamami menjelaskan peringatan Nuzulul Quran adalah momen yang banyak digelar umat Islam Indonesia bahkan dunia. Peringatan ini menjadi penting bagi seorang Muslim karena merupakan momen turunnya Alquran yang menjadi panduan umat Islam dalam hidup. 

Dai yang banyak dikenal setelah mengikuti kompetisi di stasiun televisi nasional ini juga menjelaskan, peringatan Nuzulul Quran penting karena mengandung banyak hikmah yang bisa didapat saat melakukannya. Terutama dalam memperbarui niat dan mengingatkan diri tentang pentingnya Alquran dalam kehidupan seorang hamba.

 

Terpopuler