Apa Itu Peringatan Nuzulul Quran?

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 28 Apr 2021 16:21 WIB

Apa Itu Peringatan Nuzulul Quran? Santri pondok pesantren Baitul Mustofa mengaji dengan penerangan lampu minyak saat pengajian Tadarus Al Quran di lapangan terbuka Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, Senin (27/5/2019). Pengajian dalam rangka Nuzulul Quran (malam turunnya kitab suci Al Quran) tersebut untuk mendekatkan santri dengan alam serta mendidik untuk santri rajin membaca Al Quran terutama pada bulan Ramadan. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha./pd. Foto:

1

“Peringatan Nuzulul Quran ini penting sekali untuk mengkaji kembali, untuk tajdidunniyah atau memperbaiki lagi niat kita sebagai umat Muslim. Sebagai orang yang memang diamanatkan Allah untuk memegang, membaca dan menghayati Alquran,” ujarnya, Rabu (28/4).

Dalam peringatan ini, diingatkan lagi Alquran adalah petunjuk bagi seluruh umat manusia. Umat Islam juga diingatkan Alquran diturunkan untuk mendidik manusia ke jalan yang benar. Hikmah lain yang bisa didapat, setiap orang diingatkan Alquran merupakan penyelamat dari kesesatan berpikir hingga dalam bertindak.

“Catatan buat pribadi, buat umat Muslim, jangan sampai kita menjadi hamba yang Romadhoni, harus bisa menjadi hamba Rabbani. Jangan sampai kita menjadi hamba yang qurani hanya di Ramadhan saja,” ujarnya. 

“Kita jaga istiqamah itu, selain juga di bulan suci Ramadhan. Sebab Allah subhanahu wa ta’ala akan selalu memberikan keberkahan buat orang-orang yang memang megang, baca Alquran meskipun di luar bulan suci Ramadhan,” katanya. 

Terpopuler