Mana yang Lebih Baik, Membaca Alquran atau Tafsir?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 27 Apr 2021 19:09 WIB

Mana yang Lebih Baik, Membaca Alquran atau Tafsir? Umat Muslim membaca Al-Quran sebelum melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar) Foto:

1

Tafsir Alquran

Yang bisa Anda lakukan adalah mencoba membaca tafsir Alquran. Anda bisa menyempatkan waktu hanya untuk membaca atau mendengarkan seseorang menjelaskan tafsir dari salah satu surat yang Anda baca.

Banyak guru, seperti Nouman Ali Khan yang memiliki tafsir yang luar biasa dari surat-surat. Anda juga bisa mengunduh siniar untuk mendengarkan tafsir saat Anda sedang dalam perjalanan atau sebelum tidur.

Anda dapat mulai mencoba dengan mendengarkan tafsir Juz Amma yang memiliki 30 surat pendek tanpa membuat diri Anda kewalahan. Intinya, Anda dapat menjadwalkan waktu yang realistis untuk tafsir.

Membaca atau mendengar tafsir dilakukan untuk memperkaya pemahaman Anda dari surat yang Anda baca. Yang paling penting, Anda meminta kepada Allah untuk mendapat keberkahan-Nya. 

photo
Infografis Tips Khatam Alquran Selama Ramadhan - (Republika.co.id)

 

 

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/ramadan-reading-quran-tafseer/

Terpopuler