Soal Mudik Lebih Awal, Banyumas Berlakukan Tes Antigen

Red: Agung Sasongko

Sabtu 24 Apr 2021 21:53 WIB

Tes Antigen (ilustrasi) Foto:

1

Akan tetapi, kata dia, tidak menutup kemungkinan ada pemudik yang datang dari arah timur menuju barat, sehingga pihaknya melakukan penyekatan di wilayah Tambak dan Sokaraja.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan posko pengetatan/penyekatan dibuka pada tanggal 22 April hingga 5 Mei dan 18-24 Mei 2021."Posko ini bertujuan untuk melakukan skrining terhadap pemudik yang mendahului jadwal mudik," katanya.

Ia mengatakan bagi pemudik yang membawa hasil pemeriksaan COVID-19, baik tes antigen, GeNose C19, maupun tes reaksi rantai polimer (PCR) dengan hasil negatif akan dipersilakan untuk melanjutkan perjalanannya.Sementara bagi pemudik yang tidak membawa hasil pemeriksaan COVID-19, kata dia, akan diminta oleh petugas Dinas Kesehatan untuk menjalani tes antigen.

"Apabila hasil tesnya positif, pemudik tersebut akan diminta putar balik ke daerah asal. Namun, alamat tujuan di Banyumas akan dicatat karena dikhawatirkan mereka putar balik melalui jalan tikus yang ada di Banyumas," katanya.Berdasarkan data, sedikitnya terdapat 24 pemudik yang diminta menjalani tes antigen di pos penyekatan Ajibarang dan hasilnya negatif semua.

 

Terpopuler