Pasar Ramadhan di Yogyakarta Patuhi Protokol Kesehatan Ketat

Red: Agung Sasongko

Jumat 16 Apr 2021 07:55 WIB

Pedagang melayani pembeli kolang-kaling di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Rabu (14/4). Saat Ramadhan penjualan kolang-kaling meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Harga kolang-kaling bervariasi mulai Rp 14 ribu hingga Rp 16,500 per kilogramnya. Kolang-kaling diburu warga untuk membuat kolak sebagai hidangan berbuka puasa. Foto:

1

Selain itu, pembatasan jumlah pengunjung yang masuk ke pasar Ramadhan juga menjadi pilihan lain untuk mengatasi kerumunan. Termasuk penutupan sejumlah arus jalan yang memiliki potensi kerumunan juga dapat diterapkan di pasar Ramadhan.

"Jadi ada batas maksimal yang boleh masuk di area pasar Ramadhan dan pembatasannya adalah dengan jumlah yang dipastikan tidak menimbulkan kerumunan," kata Heroe.

Direncanakan, pekan ini akan diterapkan hasil dari evaluasi yang saat ini tengah dilakukan. Diharapkan, dengan adanya pembatasan-pembatasan dan kebijakan lainnya di pasar Ramadhan dapat meminimalisasi penyebaran Covid-19.

 

"Sedang kita evaluasi dan akan segera kita terapkan kebijakan pengetatan yang memungkinkan untuk diterapkan. Sehingga, mencegah kerumunan, sebab kasus Covid-19 saat ini belum beranjak turun lagi," tambahnya.

Terpopuler