Amankah Konsumsi Kafein Kala Puasa?

Red: Agung Sasongko

Kamis 15 Apr 2021 22:45 WIB

Bubuk Kopi (ilustrasi) Foto: Pix4free Bubuk Kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amankah mengonsumsi kafein kala puasa? pertanyaan ini banyak muncul ketika puasa Ramadhan tiba.

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK menjelaskan, bagi Anda yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, tidak masalah untuk tetap mengonsumsinya selama bulan Ramadhan. Mungkin dapat dikurangi saja jumlah kopinya.

Baca Juga

"Apabila Anda biasa mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, dapat dikurangi menjadi 1 sendok teh. Namun, jika Anda merasa tidak ada masalah, misalnya pada perut, masalah lambung, dan dehidrasi, maka Anda dapat tetap menerapkan kebiasaan lama,"kata dia, Kamis (15/4)

Efek diuresis (peningkatan produksi urin, efek samping konsumsi kafein) sangat mungkin terjadi, namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya. Hati-hati, minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi.

Asupan makanan sehat dapat menjadi bekal untuk tubuh agar tetap fit dalam menjalani puasa Ramadan, maka lalu pilih makanan dan minuman yang baik untuk tubuh Anda.