10 Tips Makan Sehat Selama Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani

Kamis 15 Apr 2021 17:04 WIB

Sejumlah pembeli memilih makanan untuk berbuka puasa (takjil) Foto:

1

6. Ganti karbohidrat yang baik

Untuk melawan efek dari konsumsi gula yang dikurangi, pilihlah karbohidrat baik yang akan membantu melepaskan gula secara perlahan ke dalam aliran darah dan menjaga tingkat energi lebih stabil tanpa meningkatkan kadar gula darah.

Ini termasuk buah-buahan, ubi jalar, beras merah, quinoa, biji-bijian dan gandum. Misalnya, dengan menggunakan quinoa sebagai pengganti nasi putih untuk membuat resep koshari yang luar biasa dan jauh lebih sehat.

7. Membawa kerenyahan

Kacang, almond dan kenari dapat ditambahkan pada oatmeal, yoghurt, salad, dan sayuran kukus. Hidupkan banyak hidangan dengan menaburkan kacang tumbuk atau segenggam kacang almond di atasnya.

8. Lupakan gorengan

Bagi penggemar gorengan mulailah beralih dengan makanan panggang alih-alih menggoreng. Misalnya, samosa yang dipanggang dalam oven, sama enaknya dengan samosa gorengan. Tetapi jika masih tidak bisa, cobalah memasak dengan cara menumis untuk mengurangi lemak dalam makanan.

9. Gunakan minyak yang baik

Cobalah beralih menggunakan minyak zaitun extra virgin, minyak alpukat, dan minyak kelapa. Periksa minyak mana yang akan digunakan dalam berbagai situasi memasak dan titik berasapnya. Semakin tinggi titik asapnya semakin baik, karena minyak pemanas yang berlebihan menghilangkan nutrisi yang bermanfaat dan menghasilkan radikal bebas yang berbahaya.

10. Konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, lobak, collard, selada dan roket tidak hanya menambah warna pada piring, tetapi juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat.