Makan Berlebihan Saat Malam Ramadhan, Ini Dampaknya

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 15 Apr 2021 17:36 WIB

Makan Berlebihan Saat Malam Ramadhan, Ini Dampaknya. Foto:   Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Makan Berlebihan Saat Malam Ramadhan, Ini Dampaknya. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Puasa yang baik menjadikan seseorang dapat menahan nafsunya pada siang hari ataupun malam hari. Kurang baik jika manusia berpuasa pada pada siang hari, tetapi melampiaskan nafsunya pada malam hari dengan makan dan minum secara berlebihan.

"Puasa harusnya menjadi seseorang dapat menahan hawa nafsunya saat tidak berpuasa," kata Topaji Pandu Barudin dalam bukunya "Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa."

Baca Juga

Menurutnya, keberhasilan menahan hawa nafsu berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Karena salah satu sumber penyakit berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari dalam jumlah tak wajar. 

"Mengonsumsi makanan yang kurang baik atau mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit," katanya.

Maka dari ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan manusia. Manusia yang melaksanakan puasa dengan sungguh-sungguh akan memiliki tubuh yang sehat.

Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan di antaranya menyehatkan sistem pencernaan, menyehatkan ginjal, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan hipertensi, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol, membantu tubuh menyerap banyak nutrisi meningkatkan kemampuan otak. Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh diatas merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di bidang kesehatan.

"Hasil penelitian tersebut menjadi bukti bahwa syariat Islam benar-benar berasal dari Allah SWT.  Segala perintah Allah SWT bermanfaat bagi manusia lahir dan batin," katanya.

Izzuddin bin Abdis Salam dalam kitab Maqashidus Shaum mengumpulkan banyak riwayat terkait manfaat dan hikmah ibadah puasa. Dari sekian banyak riwayat tersebut, ia menyimpulkan ada delapan manfaat puasa yang perlu kita perhatikan. Ia  mengatakan.

"Puasa memiliki beberapa faidah: meningkatkan kualitas (iman), menghapus kesalahan, mengendalikan syahwat, memperbanyak sedekah, menyempurnakan ketaatan, meningkatkan rasa syukur, dan mencegah diri dari perbuatan maksiat."

 

 

 

 

Cek Typo