Maksimalkan Ramadhan dengan 4 Amalan Sesuai Tuntunan Nabi

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 15 Apr 2021 11:38 WIB

Maksimalkan Ramadhan dengan 4 Amalan Sesuai Tuntunan Nabi. Sekelompok remaja membaca dan menghafal Alquran selama Ramadhan di sebuah masjid di Banda Aceh, Selasa (13/4). Foto:

1

Perbanyak sedekah dan membaca Alquran

Menurut Ustadz Bobby, Rasulullah SAW dalam beberapa riwayat selalu memperbanyak sedekah saat Ramadhan. Seringnya Nabi SAW dalam bersedekah saat Ramadhan bahkan diumpamakan seperti hembusan angin yang bertiup dengan mudahnya.

Nabi Muhammad SAW juga akan semakin sering membaca Alquran saat Ramadhan. Semua amalan ini ada dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas RA:

Dari Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma berkata: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang paling lembut (dermawan) dalam segala kebaikan. Dan kelembutan Beliau yang paling baik adalah saat bulan Ramadhan ketika Jibril alaihissalam datang menemui Beliau. Dan Jibril 'alaihissalam datang menemui Beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Alquran) hingga Alquran selesai dibacakan untuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Apabila Jibril Alaihissalam datang menemui Beliau, maka Beliau adalah orang yang paling lembut dalam segala kebaikan melebihi lembutnya angin yang berhembus". (Sahih Al-Bukhari).

photo
Infografis Berapa Lama Alquran Diturunkan? - (Republika.co.id)