Masjid Istiqlal Perbolehkan Sholat Tarawih Berjamaah

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 10 Apr 2021 01:25 WIB

Masjid Istiqlal Perbolehkan Sholat Tarawih Berjamaah. Tanda jaga jarak terpasang di  Masjid Istiqlal, Jakarta, (9/4). Pada Ramadhan tahun ini masjid Istiqlal melaksanakan sholat tarawih dengan membatasi jumlah kapasitas jamaah hanya untuk 2.000 orang atau setara 30 persen dari kapasitas masjid sebanyak 250.000 orang. Prayogi/Republika. Foto:

1

Jamaah juga hanya diperbolehkan berada di lingkungan Masjid Istiqlal hingga pukul 20.00 WIB karena setelahnya seluruh area masjid akan disterilkan dengan penyemprotan. Sedangkan kegiatan lainnya, seperti buka puasa bersama, sholat malam, atau sahur ditiadakan. 

Nasaruddin menerangkan telah melakukan simulasi ibadah sebelum memutuskan kembali membuka aktivitas di Masjid Istiqlal. Sholat Jumat pada Jumat (9/4) yang diikuti oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan beberapa jamaah lain dibatasi maksimal 2.000 orang.

Badan Pengelola Masjid Istiqlal juga sudah mengatur jarak 1,5 meter antarjamaah, menyediakan hand sanitizer dan sabun di tempat wudhu. 

Pengurus mengawasi situasi di tempat wudhu dan lokasi lain yang umumnya ramai ditempati jamaah sehingga kondusif dan tidak menimbulkan kerumunan.

 

“Jadi poinnya yang ingin saya tegaskan, insya Allah mudah-mudahan Istiqlal bisa menjadi contoh untuk seluruh masjid di Indonesia bagaimana sistem protokol kesehatan itu diindahkan," katanya. 

Terpopuler