Prima DMI Siapkan Tiga Program Besar Saat Ramadhan

Red: Esthi Maharani

Rabu 07 Apr 2021 17:13 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

Program ketiga yang mulai dijalankan di Bulan Ramadhan nanti yaitu vaksinasi Covid-19 di masjid. Ia menyebut hal ini adalah sesuatu yang penting dan mendesak dilakukan, untuk membendung penyebaran Covid-19.

"Insya Allah 9 April nanti, Pak JK dan Menteri Kesehatan akan meluncurkan program 'Masjid Central Vaksin'. Ini berawal dari pernyataan Pak JK yang menyebut masjid bisa difungsikan sebagai tempat mendukung pelaksanaan vaksin secara massal," kata dia.

Prima DMI dipercaya penuh sebagai penggerak untuk bagian relawan. Nantinya, para relawan ini akan membantu tenaga kesehatan (nakes) dalam menjalankan tugasnya.

Segmen yang disasar untuk vaksinasi di masjid ini adalah masyarakat lanjut usia (lansia) dan tokoh lintas agama. Arafat menyebut, hal ini juga menjadi salah satu bentuk rahmat Ramadhan yang tidak hanya dirasakan umat Muslim.

Ia juga menyebut Prima DMI membutuhkan relawan untuk mensukseskan program ini. Berdasarkan perhitungan yang ada, program ini mentargetkan sekitar 20juta orang.

"Pembukaan perekrutan relawan akan kita buka secara daring, termasuk di Quran Best. Ada sembilan wilayah yang disasar, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Maluku, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Barat," ujar Arafat.

Masing-masing wilayah ini disebut minimal memiliki 16 masjid sebagai pusat vaksinasi. Setiap masjidnya ditargetkan memvaksin 500-1000 orang setiap hari.

Terpopuler