Tak Bisa Itikaf di Masjid, Bisakah Raih Lailatul Qadar?

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 05 May 2020 14:03 WIB

Tak Bisa Itikaf di Masjid, Bisakah Raih Lailatul Qadar?. Foto: Ilustrasi Malam Lailatul Qadar Foto: Republika/mgrol101 Tak Bisa Itikaf di Masjid, Bisakah Raih Lailatul Qadar?. Foto: Ilustrasi Malam Lailatul Qadar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu amalan yang dianjurkan dilakukan pada hari-hari terakhir atau 10 hari terakhir Ramadhan adalah melakukan i'tikaf di masjid. Sementara itu, malam lailatu qadar sendiri diyakini datang pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Sehingga, dianjurkan untuk beri'tikaf di masjid agar bisa meraih malam lailatul qadr tersebut.

Namun, di tengah pandemi virus corona saat ini, umat Muslim tidak bisa melaksanakan i'tikaf di masjid. Terutama, mereka yang tinggal di zona merah Covid-19. Masjid-masjid sendiri sebagian besar ditutup guna mencegah penyebaran Covid-19 lebih meluas.

Baca Juga

Lalu, bagaimana sebenarnya aturan i'tikaf itu menurut berbagai mazhab? Bagaimana meraih malam Lailatul Qadr, jika i'tikaf tidak bisa dilakukan di masjid?

Dalam sebuah video ceramah yang diunggah di laman Rumah Fiqih Indonesia pada Senin (4/5), Ustaz Firman Arifani menjelaskan tentang meraih lailatul qadr saat dilarang i'tikaf di masjid. Ustaz Firman mengatakan, seluruh ulama sepakat bahwa i'tikaf harus dilakukan di masjid. Artinya, tidak sah i'tikaf jika dilakukan selain di masjid.

Namun, dalam hal ini para ulama hanya berbeda tentang jenis masjid yang diperbolehkan untuk beri'tikaf. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat, bahwa masjid yang diperbolehkan beri'tikaf atau sah ialah masjid jami' yang dipakai untuk sholat Jumat.

Sedangkan mazhab Syafi'i dan Maliki berpendapat, masjid yang bisa dipakai untuk i'tikaf adalah segala jenis masjid, baik itu masjid jami atau masjid kecil, seperti surau, langgar, mushola.

Sementara itu, mazhab Hanafi mengatakan bahwa wanita boleh i'tikaf di rumah. Mereka mendasarkan dalil karena tempat shalat yang afdhol (utama) bagi wanita adalah di rumah. Sementara juumhur ulama, dari Syafi'i, Maliki dan Hambali, mengatakan sekalipun wanita maka tempat yang sah untuk i'tikaf adalah di masjid, bukan di rumah atau mushola rumah. Dalil yang dipakai merujuk pada, jika memang diperbolehkan bagi wanita i'tikaf di dalam rumah, tentu para istri Nabi SAW melakukannya, tetapi ternyata tidak.

"Selanjutnya, tidak sah bagi laki-laki untuk menggelar i'tikaf di dalam rumahnya atau mushola rumahnya, tetapi harus di masjid," kata Ustaz Firman, dalam video ceramahnya tersebut.

Namun demikian, sudah bisa dipastikan bahwa di tengah kondisi pandemi seperti ini, tidak mungkin untuk menggelar i'tikaf di masjid. Terutama, Muslim yang tinggal di zona merah. Sebab, kegiatan i'tikaf memungkinkan aktivitas publik dan perkumpulan jamaah, yang saat wabah ini harus dihindari.

Lalu, bagaimana cara meraih lailatul qadar tanpa beri'ktikaf di masjid?

Ustaz Firman mengatakan, malam lailatul qadr bisa diraih dengan berbagai macam cara dan tidak harus dengan i'tikaf. Ia memaparkan amalan-amalan yang bisa membuat Muslim meraih keutamaan dari malam lailatul qadr, di antaranya dengan sholat malam, dzikir, tafakkur, membaca Alquran, berkumpul bersama keluarga di rumah saja, tahajud bersama keluarga dan amal shalih lainnya.

"Itu bisa menjadikan kita di antara orang-orang yang mendapatkan malam lailatul qadr, dan ini adalah malam yang istimewa di bulan Ramadhan," lanjutnya.

Ustaz Firman kemudian menyebutkan amalan yang sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah untuk bisa meraih malam lailatul qadr. Amalan tersebut seperti disebutkan dalam kitab Ma'arif.

"Dalam kitab itu berbunyi, "Barang siapa yang shalat Isya di sepanjang akhir Ramadhan (10 hari terakhir) dengan berjamaah, maka dipastikan ia bisa mendapat malam lailatul qadr. Ini salah satu amalan paling mudah untuk mendapat lailatul qadr, tidak perlu beri'tikaf," kata Ustaz Firman.

Dengan demikian, Ustaz mengatakan bahwa malam lailatul qadar dapat diraih sekalipun berdiam saja di rumah atau di mushola rumah. Walaupun tidak mendapat pahala i'tikaf, menurutnya, namun Insya Allah esensinya bisa didapatkan.

Ustaz Firman lantas mengingatkan umat agar tidak memaksakan diri untuk menjalankan i'tikaf di masjid di tengah situasi wabah seperti ini. Hal demikian sebagaimana ditekankan dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 195, yang berbunyi, "Dan janganlah kamu menjerumuskan diri kalian ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik."

"Jangan memaksakan diri melakukan sesuatu yang sunnah (i'tikaf), yang justru malah menghilangkan sesuatu yang wajib, yaitu menjaga keselamatan," tambahnya.