Tips Menu Makan untuk Penderita Diabetes saat Puasa Ramadhan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 30 Apr 2020 15:15 WIB

Tips Menu Makan untuk Penderita Diabetes saat Puasa Ramadhan. Foto: Alat bernama FAST bisa dimanfaatkan penderita Diabetes Tipe 2 untuk berpuasa (Foto: ilustrasi cek gula darah) Foto: Needpix Tips Menu Makan untuk Penderita Diabetes saat Puasa Ramadhan. Foto: Alat bernama FAST bisa dimanfaatkan penderita Diabetes Tipe 2 untuk berpuasa (Foto: ilustrasi cek gula darah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penderita diabetes masih sangat diperkenankan berpuasa selama Ramadhan dengan berkonsultasi dan bimbingan yang tepat dengan ahli diabetes atau ahli endokrin. Para penderita diabetes yang berpuasa juga harus mengatur makanan yang masuk ke tubuh.

Konsultasi ke para ahli dilakukan  untuk mencegah empat kondisi akut yang ditimbulkan oleh konsekuensi metabolisme dari puasa berkepanjangan yang dikombinasikan dengan perubahan pola makan dan perubahan dosis dan waktu pemberian obat.

Baca Juga

Dilansir di Gulf Today, Kamis (30/4), Spesialis Endokrinologi & Diabetes Dubai Rumah Sakit Al Zahra Vikram Hundia mengidentifikasi komplikasi sebagai hiperglikemia (gula darah tinggi), hipoglikemia (gula darah agak rendah), hipoglikemia berat, dan ketoasidosis diabetik (ditandai dengan jumlah insulin yang tidak mencukupi untuk menghasilkan glukosa dan tanda peringatan bahwa diabetes keluar dari kontrol dan dapat menyebabkan keracunan tubuh).

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Atur juga makanan yang masuk ke tubuh," kata Hundia.

Kendati demikian dia menyebutkan, para penderita diabetes juga harus membuat rencana tertulis yang jelas dengan para dokter tentang perubahan pada dosis insulin atau obat diabetes dan waktu untuk mempertahankan kontrol diabetes yang memuaskan dan menghindari hipoglikemia atau komplikasi terkait diabetes lainnya.

Hundia menambahkan bahwa memeriksa kadar gula darah secara rutin juga penting. "Minumlah banyak cairan bebas gula selama waktu non-puasa untuk menghindari dehidrasi dan menghindari kafein," ungkapnya. 

Rekan Hundia, Reshma Devjani menawarkan tips sehat bagi penderita diabetes selama berpuasa di bulan Ramadhan. Devjani diketahui kerap menghabiskan waktu untuk membagikan sampel menu bagi penderita diabetes.

Devjani menunjukkan tujuh penyebab mengapa penderita diabetes menderita kontrol glukosa yang buruk selama Bulan Suci Ramadhan. Di mana itu menyebabkan peningkatan atau peningkatan kadar glukosa darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Dia membeberkan beberapa menu makan yang sering terjadi. Antara lain mengumbar makanan olahan dan karbohidrat olahan, mengkonsumsi berlebihan makanan kosong kalori seperti jus, cola, dan makanan penutup bergula. Sering mengemil dan jarak makan yang tidak memadai, makan cepat, konsekuensinya adalah makan berlebihan, pemantauan glukosa darah tidak teratur,  melewatkan obat-obatan, ketidakcocokan obat-obatan atau insulin dengan perubahan.

"Ingatlah untuk menjaga porsi makan dalam jumlah sedang. Pilih untuk makan biji-bijian dan biji-bijian seperti barley, millet, oat, semolina, quinoa, beras liar, kacang-kacangan dan lentil," kata Devjani.

Sampel menu makanan Devjani untuk penderita diabetes yang berpuasa selama Bulan Suci Ramadhan ini:

Buka puasa: satu hingga dua kurma kecil plus satu hingga dua gelas air,  satu cangkir Tabbouleh Salad sebanyak 90 gram hingga 120 gram ayam yang dimasak dengan saus kari, satu cangkir Nasi Liar Kukus,  satu cangkir Yoghurt Yunani Rendah Lemak, dan dua gelas air.

Adapun snack pertama: satu Apple Baked atasnya dengan Cinnamon plus 10 hingga 15 Walnut Bagian dan dua gelas air. Snack kedua: 2-3 sendok makan Hummus Dip dengan wortel, mentimun, seledri tongkat yang diinginkan ditambah satu cangkir susu dan dua gelas air.

Saat sahur: dua iris roti gandum utuh, omelet dengan sayuran panggang/tumis di samping, satu sendok makan selai kacang atau 30 gram alpukat, satu cangkir yoghurt atau susu rendah lemak, satu setengah cangkir stroberi, dan dua gelas air.

Berbuka puasa: satu hingga dua kurma plus satu hingga dua gelas air, satu cangkir sup lentil buatan rumah, satu cangkir salad hijau dengan toping lemon dressing, 90 gram hingga 120 gram daging tanpa lemak, satu cangkir quinoa dimasak, satu cangkir rendah lemak yoghurt Yunani.

Snack pertama: satu cangkir beri dengan dua hingga tiga sendok makan yoghurt rendah lemak Yunani dihiasi dengan dua sendok makan kacang hancur dan biji labu serta dua gelas air. Snack kedua: dua lumpia ayam panggang oven dengan satu sendok makan guacamole dip ditambah satu cangkir sup labu buatan rumah dan dua gelas air.

Sahur: satu roti pita cokelat kecil ukuran empat inchi, satu cangkir foul dimasak, dua sendok makan low fat Labneh dengan Zaatar plus tiga hingga empat Zaitun, satu cangkir yoghurt atau susu rendah lemak Yunani, satu plum kecil dan dua gelas air.