Beratnya Puasa Orang Terdahulu

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 25 Apr 2020 08:45 WIB

Beratnya Puasa Orang Terdahulu Foto:

Beratnya Puasa Orang Terdahulu

Puasa Nabi Adam dikisahkan dalam Tafsir Ibnu Katsir bahwa Nabi Adam AS puasa selama tiga hari tiap bulan sepanjang tahun. Riwayat lain mengatakan bahwa Nabi Adam berpuasa tiap tanggal 10 Muharram sebagai ungkapan syukur lantaran Allah mengizinkannya bertemu dengan istrinya, Hawa, di Arafah.

"Sebuah pendapat menyebutkan, Nabi Adam berpuasa sehari semalam pada saat ia diturunkan dari surga oleh Allah SWT," katanya.

Firman mengatakan, bagaimana puasa Nabi Daud semua sudah mengenalnya. Nabi Daud berpuasa berselang-seling satu hari.

"Jadi puasa Nabi Daud secara zig-zag yang sehari puasa sehari tidak," katanya.

Puasa ini kata Firman, yang kemudian kita kenal dengan puasa Daud yang mana hal ini dahulunya memang telah disyariatkan bagi Nabi Daud AS. Puasa ini, kata Firman, yang kemudian kita kenal dengan puasa Daud yang mana hal ini dahulunya memang telah disyariatkan bagi Nabi Daud AS.

Bahkan puasa versi nabi Daud ini dikenal sebagai jenis puasa sunnah yang disukai oleh Allah SWT sebagaimana tertuang dalam hadits, "Dari Abdullah bin Amru ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Sholat (sunnah) yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat (seperti) Nabi Daud as. Dan puasa (sunnah) yang paling dicintai Allah adalah puasa (seperti) Nabi Daud AS. Beliau tidur separuh malam, lalu shalat sepertiganya dan tidur seperenamnya lagi. Beliau puasa sehari dan berbuka sehari. (HR. Bukhari).

Terakhir, orang terdahulu yang berpuasa adalah Maryam. Puasa versi Maryam adalah puasa yang paling berbeda dari yang lainnya. Jenis puasa yang disyariatkan kepada Maryam sekalipun hanya sekali dalam hidupnya dianggap paling unik, yaitu puasa tidak berbicara kepada manusia.

Sebagaimana termaktub dalam Surah Maryam ayat 26 yang artinya "Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini."

photo
Tips puasa sehat di tengah pandemi covid-19. - (Republika.co.id)
 

Terpopuler