Quraish Shihab: Nabi Muhammad SAW Sholat Tarawih di Rumah

Red: Nashih Nashrullah

Jumat 24 Apr 2020 12:10 WIB

Cendekiawan Muslim Quraish Shihab menyatakan Nabi Muhammad SAW sholat tarawih di masjid hanya tiga malam. Foto: Antara/Wahyu Putro A Cendekiawan Muslim Quraish Shihab menyatakan Nabi Muhammad SAW sholat tarawih di masjid hanya tiga malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta, Prof Muhammad Quraish Shihab, mengatakan Nabi Muhammad SAW pernah melaksanakan ibadah sholat Tarawih hanya tiga malam pertama berturut-turut di masjid dan 27 hari lainnya di rumah.

"Nabi hanya melakukannya tiga malam berturut-turut kemudian setelah itu beliau melaksanakannya di rumah," kata dia saat konferensi video di Graha BNPB Jakarta, Jumat dengan pembahasan "Ibadah Ramadhan #dirumahaja".

Baca Juga

Tidak hanya Nabi Muhammad SAW, hal serupa juga pernah dilakukan Abu Bakar dua tahun setelah Nabi wafat saat beliau menjadi kalifah.

Oleh karena itu, kata dia, jika umat Muslim tidak ke masjid tidak ada masalah apalagi saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19.

"Bahkan kita bisa berkata bahwa kita sholat di rumah justru meneladani Rasulullah SAW yang sholat di rumah," sosok yang menyelesaikan semua jenjang studinya di Al Azhar Mesir itu.

Namun hal demikian bukan berarti menjadi lebih baik dari apa yang dilakukan Umar bin Khatab yang menganjurkan sholat di masjid.

Tetapi paling tidak umat Muslim memiliki landasan bahwa melaksanakan sholat di rumah adalah contoh yang diberikan Rasulullah SAW.

"Ini contoh dari Rasulullah melaksanakan sholat Tarawih 27 malam di rumah dan tiga malam berturut-turut di masjid," ujar cendikiawan Muslim kelahiran Rappang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan itu.

Oleh sebab itu, menteri agama pada Kabinet Pembangunan VII 1998 tersebut menyarankan agar umat Muslim jangan memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sholat Tarawih di masjid karena bisa mendekati haram atau paling sedikit makruh dalam kondisi saat kini.

Dia  kembali mengingatkan dalam konteks saat kini, agama menetapkan bahwa memelihara kesehatan adalah kewajiban bagi setiap Muslim, oleh sebab itu jangan ke masjid dulu.

Secara umum, Quraish Shihab mengajak umat Muslim perlu melihat kembali makna ibadah serta apa yang tergolong wajib selama bulan Suci Ramadhan serta sunah.

Ibadah wajib selama Ramadhan ada dua yaitu puasa dan zakat fitrah. Dua hal tersebut tidak ada kaitannya dengan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi masyarakat dunia. "Itu bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan tidak ada kaitannya harus di masjid," ujar dia.