Tujuh Tips Membumikan Alquran di Rumah Saat Ramadhan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 22 Apr 2020 05:17 WIB

Tujuh Tips Mengakrabkan Alquran di Rumah Saat Ramadhan. Foto:

Tujuh Tips Mengakrabkan Alquran di Rumah Saat Ramadhan

Buat grup Alquran sebagai bagian dari refleksi (murajaah) bersama keluarga

Anda bisa mengakses Quranreflect.com sebagai situs yang luar biasa yang memungkinkan Anda mendokumentasikan refleksi Anda saat Anda membaca Alquran.

Anda bahkan dapat membuat grup dan melihat refleksi orang lain pada ayat yang sama. Ini adalah cara yang bagus untuk berhubungan dengan anggota keluarga dan mendorong perenungan Alquran.

Latih bacaan Alquran

Nabi Muhammad SAW berkata: "Siapa pun yang tidak membaca Alquran dengan suara yang baik bukan dari kita,". Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari.

Dalam Surah Al-Muzzamil, Allah memberi tahu Nabi untuk membaca Alquran dengan bacaan yang terukur. Artinya, penting pula mempelajari ilmu tajwid dan tilawah dalam mengkaji dan membaca Alquran.

Belajar membaca dengan suara yang indah bukan hanya latihan vokal yang menyenangkan. Ini menyenangkan bagi Allah, para malaikat dan orang lain di sekitar Anda! Kita mungkin mendapati diri kita bergegas untuk menyelesaikan halaman Alquran kita untuk hari itu. Luangkan waktu Anda dan nikmati ketenangan yang diperlambat dan pembacaan yang terukur!

photo
Ilustrasi Anak membaca Alquran - (AP /Hatem Moussa)

Bacalah Alquran usai subuh

Jika sebagian besar orang tidur pada waktu subuh, siapa yang menyaksikan pembacaan Alquran Anda? Jawabannya adalah para malaikat. Malaikat menyaksikan bacaan Alquran kita saat waktu subuh.

Hanya saja, tantangan membaca di waktu subuh juga sepadan. Umat Islam disarankan menjaga Alquran di dekatnya dan mulai dengan beberapa ayat masing-masing saat subuh.

Ini membantu jika Anda menyalakan lampu ketika Anda berdoa. Anda seharusnya tidak kesulitan tidur kembali.

Pimpin shalat tarawih dan dirikan tahajud

Hanya karena tarawih tidak dilakukan di masjid, bukan berarti kita kehilangan ibadah malam kita. Banyak orang mungkin terkejut mengetahui bahwa tarawih tidak dilembagakan sebagai tradisi biasa sampai kekhalifahan Umar ibn Khattab. Untuk waktu yang lama, para sahabat berdoa malam mereka sendirian. Jadi mari kita mengadopsi tradisi itu.

Jika Anda tidak memiliki anggota keluarga untuk berdoa dan shalat tarawih di rumah, berdoalah sendiri. Ada pendapat ilmiah yang memungkinkan memegang Alquran untuk membaca dari selama shalat yang tidak wajib.

Terpopuler