Menyiapkan Diri Jelang Ramadhan di Tengah Corona

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 19 Mar 2020 10:46 WIB

Menyiapkan Diri Jelang Ramadhan di Tengah Corona. Warga muslim melakukan salat di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). (ANTARA/Suwandy) Foto:

Menyiapkan Diri Jelang Ramadhan di Tengah Corona

Tingkatkan waktu ibadah dengan keluarga

Karena banyak masjid tidak lagi dapat menawarkan layanan yang sama seperti sebelumnya untuk menjaga orang aman, kita harus mencoba melakukan lebih banyak ibadah di rumah dengan keluarga.

Ada banyak kajian Islam tersedia secara online yang dapat dimanfaatkan keluarga. Dan juga terdapat ibadah yang bisa dilakukan berjamaah dengan keluarga sendiri, atau bahkan antara suami dan istri. Lingkaran studi kecil atau klub buku dapat diadakan di rumah dengan teks keagamaan yang dipilih keluarga. 

Tindakan ini juga akan membantu meminimalkan kesedihan dan dampak negatif karena tidak memiliki akses yang sama ke masjid dan sumber daya komunitas seseorang. Meskipun tidak ada tempat yang dapat menggantikan Rumah Allah, tetap bermanfaat untuk memiliki majelis kecil ini daripada melakukan semuanya sendiri.

Ramadhan adalah saat pertemuan komunitas, jadi jika masjid-masjid masih belum berfungsi penuh pada saat bulan dimulai, kita harus mencoba membangun rutinitas baru ini di rumah kita sendiri dari sekarang. Ini adalah hal-hal yang bermanfaat untuk dilakukan di rumah, bahkan setelah Ramadhan.

photo
Seorang murid berdoa usai melaksanakan ibadah sholat zhuhur. - (Abdan Syakura)

Haturkan doa lebih ekstra

Pada akhirnya, kita semua tahu meskipun kita harus mengambil langkah yang tepat dan direkomendasikan untuk tetap aman, semuanya pada akhirnya berada di tangan Allah. Hanya Allah yang tahu bagaimana semuanya akan berjalan.

Kita harus berdoa untuk kesehatan dan keselamatan diri kita sendiri dan juga umat manusia. Meski banyak umat Muslim yang juga belum tahu bagaimana Ramadhan sebenarnya akan terlihat dan apakah banyak yang bisa berubah antara sekarang dengan kemudian.

Namun demikian sebagai seorang Muslim, sudah selayaknya kita harus menghaturkan banyak doa bahwa rumah-rumah Allah sudah berdiri dan berjalan pada saat itu, dan masalah kesehatan jauh berkurang pada saat itu.

Jangan berkecil hati

Yang terpenting, jangan berkecil hati. Ketika hal-hal di luar kendali kita, yang terbaik adalah menaruh kepercayaan kita kepada Allah dan melakukan apa pun yang kita bisa. Meskipun ini semua dimulai sangat dekat dengan Ramadhan, kita masih dapat mempersiapkan diri untuk waktu khusus tahun itu dalam banyak cara. Semoga Allah melindungi kita semua dan menjadikan Ramadhan ini berkah bagi umat. Aamiiin ya rabbal-alamin.

Terpopuler