5 Tips Sehat Selama Ramadhan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham

Ahad 04 Jun 2017 06:50 WIB

Beras merah kaya akan serat, konsumsi beras merah pun bisa memenuhi kebutuhan harian serat Anda. Foto: flickr Beras merah kaya akan serat, konsumsi beras merah pun bisa memenuhi kebutuhan harian serat Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sehat bisa dicapai dengan berpuasa. Namun, puasa tanpa perencanaan akan membuat manfaat sehat tidak tercapai. Dilansir Huffington Post, praktisi makanan halal yang juga food blogger, Yvonne Maffei memberikan lima tips sederhananya.

"Seorang yang berpuasa butuh makanan yang baik dan kaya nutrisi untuk memberikan energi yang diperlukan selama berpuasa," katanya. Apalagi jika seseorang berada dalam kondisi cuaca yang panas.

Berikut lima tips utama bagi mereka yang berpuasa, agar tetap sehat meski dengan beragam kondisi:

1. Makan makanan alami, bukan instan atau junk food.

Makanan instan memang lebih praktis dan menyenangkan. Namun, makanan ini biasanya memiliki kadar gula tinggi, MSG, tinggi sodium dan tipe lemak yang tidak sehat bagi tubuh.

Jika terburu-buru, pilihlah makanan yang masih segar dan butuh waktu sebentar untuk mengolahnya. Seperti sayuran direbus atau salad. Junk food seperti kentang goreng, permen, dan lainnya sebaiknya dihindari meski sebagai makanan sampingan.

Belilah banyak buah-buahan lokal dan sayuran yang bisa langsung konsumsi setelah dicuci. Mereka jauh lebih sehat sebagai makanan pendamping.

2. Hindari makanan 'putih'.

Makanan putih ini contohnya nasi putih, roti putih, gula putih dan lainnya. Roti putih dibuat dari tepung putih dan ini adalah makanan olahan. Beras putih memiliki kadar gula lebih tinggi sehingga tidak tahan lama dalam tubuh. Sebaiknya, pilih saja roti gandum dan nasi merah.

Terpopuler