H+4 Lebaran, Arus Balik di Senen Masih Lengang

Rep: Umi Lailatul/ Red: Chairul Akhmad

Jumat 24 Aug 2012 15:55 WIB

Pemudik tiba di Stasiun Senen, Jakarta. Foto: Antara/Rosa Panggabean Pemudik tiba di Stasiun Senen, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Memasuki H+4 Idul Fitri 1433 H, Jumat (248), Arus balik pemudik masih nampak lengang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Hal ini dapat dilihat dari masih sepinya pemudik yang tiba dari pintu keluar stasiun.

Berdasarkan Data Posko Humas Stasiun Pasar Senen pada Jumat (24/8) sampai pukul 09.22 WIB, sebanyak 4.817 orang pemudik tiba di stasiun tersebut dengan 18 kereta api.

Kereta yang tiba di Senen terdiri dari 15 kereta reguler dan tiga kereta tambahan. Pemudik yang kembali kebanyakan berasal dari daerah Kutoarjo, Semarang, Surabaya Gubeng dan Malang.

Angka empat ribuan penumpang ini tercatat sampai kedatangan terakhir Kereta Api (KA) pada Jumat pukul 09.22 WIB dari Malang, yaitu KA Matarmaja.

Tercatat jumlah kereta yang akan tiba sebanyak 25 KA di stasiun ini dengan 19 kereta reguler dan enam kereta tambahan. Kereta tambahan ini di antaranya Kutojaya Lebaran 2, Tawang Jaya Lebaran, Matarmaja Lebaran, Kaligangsa, dan Sawunggalih Pagi.

Kepala Stasiun Pasar Senen, Udin Saepudin, mengatakan arus balik tahun ini tidak ada lonjakan penumpang yang signifikan di stasiun ini. “Hal tersebut disebabkan penumpang banyak yang turun di Stasiun Jatinegara dan Bekasi,” ujarnya. Udin memperkirakan ramainya jumlah pemudik yang kembali ke Ibukota diperkirakan pada Sabtu (25/8) esok.

Terpopuler