Arus Balik Mulai Meningkat di Cikampek

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Chairul Akhmad

Rabu 22 Aug 2012 20:43 WIB

 Ribuan kendaraan melintas di pintu keluar Tol Cikampek, Cikampek, Rabu (15/8) lalu. Foto: Republika/Agung Fatma Putra Ribuan kendaraan melintas di pintu keluar Tol Cikampek, Cikampek, Rabu (15/8) lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK – Demi mengantisipasi kemacetan arus balik, Jasa Marga telah menyiapkan tiga akses pintu tol di kawasan Cikampek-Karawang, Jawa Barat.

Demikian dikatakan Kepala Bagian Tata Usaha Tol Cikampek, Gunawan, Rabu (22/8). Kepala Bidang Humass Polda Jabar, Kombespol Martinus Sitompul membenarkan pernyataan Gunawan tersebut.

Menurut Martin, pihak kepolisian juga telah menyiapkan ketiga gardu tersebut sejak H+1 kemarin. Namun karena arus kendaraan sejauh ini masih lowong, maka pengalihan tersebut belum mulai dilancarkan.

Meskipun terlihat landai, namun jalan di Simpang Jomin sudah ditutup sejak pagi tadi, sehingga arus dari Cikopo menuju Subang terpaksa melintas lurus ke arah pasar Cikampek.

Martin mengatakan penutupan itu dilakukan dikarenakan sekarang ini jumlah kendaraan arus balik mulai mengalami peningkatan. "Ditambah, animo masyarakat untuk pergi berwisata ke Waduk Jatiluhur masih tinggi," ujarnya.

Walau akses jalur di Simpang Mutiara menuju Jomin sudah ditutup, namun beberapa kali sempat terjadi kepadatan, sehingga kendaraan yang melintas ke arah Cikopo sedikit terhambat. Selain penutupan jalur, polisi juga telah menggeser kerucut median jalan sedikit lebar pada jalur balik tesebut.

Terpopuler