Warga Bengkulu Kunjungi Rumah Bung Karno

Red: Hazliansyah

Senin 20 Aug 2012 22:10 WIB

rumah bung karno (ilustrasi) Foto: antara rumah bung karno (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Sejumlah warga Bengkulu memanfaatkan libur Lebaran dengan mengunjungi rumah kediaman Bung Karno yang berada di Bumi Raflesia itu.

"Saya mengajak anak-anak untuk melihat salah satu peninggalan sejarah. Apalagi ini rumah salah satu proklamator Indonesia," kata Ny Hartini, warga asal Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

Ia menjelaskan bahwa sejak anaknya lahir yang kini berusai enam tahun belum pernah pulang ke Bengkulu bertemu dengan keluarga besarnya. "Karena itu, sembari mudik kami ajak anak-anak mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Bengkulu, serta daerah wisata lainnya seperti pantai," kata dia.

Warga yang kini menetap di Palembang itu mengatakan, selain memiliki tempat bersejarah, alam Bengkulu juga cukup eksotik, yakni adanya dataran tinggi seperti di Curup yang dingin serta pantainya dengan ombak yang indah.

"Meski tidak diperkenankan mandi di pantai, namun cukuplah untuk bersantai dan foto-foto di pantai itu," kata dia.

Mariadi, warga asal Jambi pun mengatakan hal serupa bahwa kehadirannya ke Bengkelu selain bersiraturahim dengan keluarga besar pada Lebaran juga untuk berekreasi.

"Tujuan utama ya ke rumah Bung Karno, kemudian ke benteng Marlborough dan pantai panjang yang indah," kata dia.

Pantauan ke rumah Bung Karno di Bengkulu sejak hari pertama Lebaran sudah ada warga yang berkunjung ke sana dan umumnya kendaraan yang dibawa berasal dari luar Provinsi Bengkulu seperti Sumatera Selatan, Jakarta, Jambi,bahkan dari Medan.

Mereka umumnya berfoto-foto di lokasi tersebut dan masuk ke dalam rumah peninggalan proklamator Indonesia itu.

Terpopuler