Jalur Nagreg-Cileunyi Bandung Macet Total

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Dewi Mardiani

Senin 20 Aug 2012 20:26 WIB

  Sejumlah kendaraan para pemudik terjebak di dalam kemacetan di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Adhi Wicaksono) Sejumlah kendaraan para pemudik terjebak di dalam kemacetan di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, NAGREG -- Terjadi kemacetan yang sangat luar biasa di jalur selatan Jawa Barat, tepatnya jalur Cileunyi hingga Malangbong. Kemacetan mengular hingga ratusan kilometer, terutama dari arah pintu keluar Cileunyi, Bandung menuju Tasikmalaya. Kemacetan ini membuat kendaraan pemudik yang rata-rata memakai kendaraan berplat nomor 'B' hanya bisa merayap.

''Parah macetnya. Terutama dari arah Bandung. Saya kira kalau merayap seperti ini dari Nagreg hingga ke Tasimalaya bisa-bisa tembus sampai 10 jam. Jalur dari arah Bandung luar biasa padat,'' kata Indra, sopir travel asal Kebumen, Senin (20/8) malam.

Indra mengaku kemacetan ini memang mengejutkan sebab ini berlangsung pada hari kedua Lebaran. Apalagi terlihat jelas jalur ini masih dipadati berbagai kendaraan pemudik.

''Tahun lalu tak seperti ini. Jalur arah sebaliknya, jalur Tasikmalaya, juga ikut sedikit tersendat. Jalur balik yang menuju Nagreg dari arah Tasikmalaya di limbangan. Sedangkan jalur sebaliknya macet teramat parah,'' kata indra.

Melihat situasi ini pemudik yang akan ke jawa tengah selatan dan jawa timur selatan di sarankan memilih jalur lain. ''Kalau bisa pilih jalur tengah saja. Di sana banyak jalur alternatif,'' saran Indra.

Terpopuler