Lebaran, Omzet Penyewaan Mobil di Jayapura Melonjak

Red: Chairul Akhmad

Senin 20 Aug 2012 14:26 WIB

Salah satu gerai rental mobil (ilustrasi). Foto: Antara Salah satu gerai rental mobil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA – Omzet penyewaan mobil di sejumlah tempat usaha penyewaan kendaraan di Kota Jayapura, Provinsi Papua, meningkat pada hari kedua lebaran.

"Penghasilan mobil sewa sejak tiga hari jelang lebaran hingga hari pertama lebaran pada Minggu (19/8) kemarin meningkat dua-tiga kali lipat dari hari biasa," kata Michael, salah seorang pengusaha mobil sewa di Waena, Distrik Heram, Kota Jaypura, Senin (20/8).

Ia menyatakan, hingga Hari Raya Idul Fitri sejumlah mobil sewanya habis disewa, baik per jam maupun per hari, sehingga ia sempat kewalahan melayani konsumen untuk mendapatkan mobil sewa saat lebaran hari pertama.

"Mobil di tempat kami telah disewa semua oleh konsumen yang berlebaran, makanya kemarin saya sempat alihkan penyewaan mobil ke teman yang ada di Abepura," ujar Michael.

Mengenai harga sewa mobil per unit, Michael hanya memasang harga seperti biasa, yakni Rp 500 ribu/hari dan jika disewa selama satu pekan, ia memberikan potongan harga. "Harganya terjangkau dan itu berlaku untuk mobil jenis Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, yakni Rp 500 ribu per hari," jelas pria asal Manado itu.

Sementara itu, Sabaraudin, salah satu pengusaha mobil sewa di pusat Kota Jayapura, mengatakan usaha sewa mobil sejak sepekan terakhir meningkat tajam hingga hari pertama lebaran. "Sejak seminggu terakhir ini, empat jenis mobil saya dipakai oleh langganan. Saya sudah meraup sekitar Rp 6 juta dua hari terakhir ini," katanya.

Ia mengatakan, selain melayani harian, usaha sewa mobil di tempatnya juga melayani sewa paket mingguan dan bulanan. Untuk paket mingguan (tujuh hari) pada hari biasa Rp 2,8 juta per unit, sementara untuk paket bulanan Rp 8 juta per unit selama 30 hari.

Terpopuler