Renungan Ramadhan Al-Qarni, Puasa Pelembut Hati (3)

Rep: Hannan Putra/ Red: Hafidz Muftisany

Jumat 17 Aug 2012 21:30 WIB

  Muslim Kuba shalat Maghrib berjamaah usai makan Iftar atau buka puasa bersama di Havana, Cuba, Jumat (3/8).   (Desmond Boylan/Reuters) Muslim Kuba shalat Maghrib berjamaah usai makan Iftar atau buka puasa bersama di Havana, Cuba, Jumat (3/8). (Desmond Boylan/Reuters)

REPUBLIKA.CO.ID, Firman Allah SWT, "Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ta ingat atau takut." (QS. Taha: 44).

Dan dalam ayat lain Allah berfirman, "Serulah manusia kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik." (QS. An-Nahl: 125).

Imam Syafi’i berkata, "Biasakanlah memberi nasehat pada saat sendirian. Jauhkan nasehat dariku saat berada bersama orang lain. Sebab nasehat pada saat bersama orang-orang adalah satu bentuk penghinaan yang tidak ingin aku dengar. Bila engkau menentangku dan tidak mematuhi perintahku. Jangan gundah bila engkau tidak diberi ketaatan."

Kasih sayang dituntut dari seorang ayah kepada puteranya. Penjelasan tentang hal ini telah kita paparkan pada bab "Bagaimana Kita Mendidik Anak-anak Kita?" Kasih sayang orang tua kepada anaknya mempunyai pengaruh yang fl,natbesar untuk kebaikan, kebahagiaan dan ketaatan mereka Karena sikap arogan/angkuh dan keras merupakan hal yang tercela.

 

Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah ada sikap lemah lembut dalam sesuatu kecuali ia akan memperindahnya, dan tidaklah sikap lemah lembut diambil dari sesuatu kecuali ia akan memperburuknya."

Wahai orang berpuasa yang perutnya merasakan lapar, beribu-ribu perut sungguh merasakan lapar menanti sekerat makanan. Adakah yang hendak memberi mereka makan?

Wahai orang berpuasa yang kerongkongannya me-rasakan haus, beribu-ribu kerongkongan merasakan haus menanti setetes air. Adakah yang hendak memberi mereka minum?

Wahai orang berpuasa yang memakai pakaian terbaik, beribu-ribu manusia telanjang tak berbaju menanti sepotong kain. Adakah yang hendak memberi mereka baju ?

Ya Allah, limpahkan kepada kami rahmat-Mu yang luas, yang dengannya Engkau ampuni dosa-dosa, Engkau hapus kesalahan-kesalahan, Engkau maafkan kekhilafan.