Warga Pamekasan Pilih Mudik Malam Hari

Red: Didi Purwadi

Kamis 16 Aug 2012 20:10 WIB

 Salah seorang pemudik motor dengan anggota keluarganya. Foto: Antara/Noveradika Salah seorang pemudik motor dengan anggota keluarganya.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Warga Pamekasan, yang bekerja di luar Madura, kebanyakan memilih melakukan mudik Lebaran di malam hari dibanding siang hari.

Hal ini terbukti pemudik asal Pamekasan yang tiba di terminal bus setempat lebih banyak di malam hari dibanding siang hari.

"Mungkin karena mereka tidak ingin panas. Kalau mudik di malam hari, itu kan bisa lebih tenang. Arus lalu lintasnya juga tidak seramai siang hari," kata petugas loket di terminal bus Ceguk dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dihubkominfo) Pamekasan, Sunarto, seperti dikutip Antara.

Berdasarkan pantauan di terminal bus Ceguk, pemudik yang tiba pada malam hari itu memang jauh lebih banyak dibanding pemudik yang tiba di siang hari. "Ini kalau yang dari arah Surabaya," kata Sunarto.

Sebaliknya, pemudik yang selama ini tinggal di Pamekasan dan hendak pulang ke kampung halamannya di Jawa itu umumnya memilih melakukan perjalanan mudik pada siang hingga sore hari.

Terpopuler