Jalintim di Sumsel Siap Dilalui Pemudik

Rep: Maspril Aries/ Red: Chairul Akhmad

Selasa 14 Aug 2012 14:54 WIB

 Ratusan kendaraan yang didominasi truk memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera di kawasan Jembatan Musi II Palembang, Sumatera Selatan. Foto: Antara/Nia Fua'di Ratusan kendaraan yang didominasi truk memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera di kawasan Jembatan Musi II Palembang, Sumatera Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Ruas jalan lintas Timur (Jalintim) dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sejak perbatasan dengan Provinsi Lampung sampai Palembang dan terus sampai ke perbatasan dengan Provinsi Jambi siap menyambut pemudik ke daerah-daerah di Sumatera.

Junaidi, Kepala Satuan Kerja SNPT  (satuan non-vertikal pelaksana tertentu)  Jalan Nasional Wilayah I  Sumsel, Selasa (14/8), mengatakan secara umum ruas jalan lintas Timur atau Jalintim Sumatera di wilayah Sumatera Selatan 406 km sudah siap dilalui pemudik.

Menurut Junaidi, untuk mengantisipasi mudik pada ruas ini telah dilakukan pemeliharaan rutin. “Ada sepanjang 50 km pada ruas ini antara Pematang Panggang-Penyandingan masuk dalam program pemeliharaan rutin,” katanya.

Ia menambahkan, proyek perbaikan atau peningkatan jalan pada Satker SNPT Jalan Nasional Wilayah I pada tahun anggaran 2012 dari APBN dialokasikan sebesar Rp 333 miliar.

“Anggaran tersebut untuk pengerjaan Jalintim antara Palembang-Jambi sebesar Rp 130 miliar, Palembang-Lampung Rp 90 miliar,dan Rp 10 miliar untuk ruas Betung-Sekayu-Muara Beliti,” ujarnya.

Pekerjaan yang dilaksanakan selama 2012 pada ruas Jalintim di Sumsel adalah peningkatan jalan sepanjang 37 km dan pelebaran jalan sepanjang 323 km untuk ruas Palembang-Jambi.

“Fokus program Jalintim pada tahun ini memang ke arah perbatasan Provinsi Jambi. Oleh sebab itu, ruas ini kondisinya jauh lebih baik untuk melancarkan arus mudik menuju Provinsi Jambi dan terus ke daerah lain,” kata Junaidi.

Terpopuler