Mukena, dari Dubai hingga Ayu Ting Ting

Red: Yudha Manggala P Putra

Selasa 14 Aug 2012 09:20 WIB

Mukena Dubai dan Mukena Ayu Ting Ting yang dijual di Pusat Grosir Tanah Abang, diburu pembeli. Foto: ROL/MG04 Mukena Dubai dan Mukena Ayu Ting Ting yang dijual di Pusat Grosir Tanah Abang, diburu pembeli.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Puluhan mukena berjejer di salah satu toko pasar Tanah Abang. Warna dan bahannya bervariasi, tidak hanya katun putih, ada juga sutra hingga corak warna warni tie dye. Salah satu model mukena terbaru adalah mukena Dubai. 

Bentuknya seperti jubah yang menjuntai hingga menutupi kaki. Dengan bahan spandex dan beragam warna, mukena yang dijual seharga 175 ribu rupiah itu banyak dicari para pembeli. 

Icha, salah satu pedagang perlengkapan muslim di Tanah Abang mengaku mukena Dubai yang ia jual laris manis di penjualan lewat internet maupun langsung di toko. "Kalau pesan online, seminggu bisa terjual tiga kodi," kata pegawai toko yang lebih banyak menjual kerudung itu. 

Namun, kesibukan toko menjelang lebaran membuatnya tidak punya cukup waktu untuk mengurusi toko di dunia maya itu. Lagipula, biasanya pembeli online berasal dari daerah yang berniat menjadi penjual eceran. "Sudah diborong penjual dari daerah luar Jakarta di awal puasa, jadi sekarang tinggal sedikit stoknya. Mereka dari Banjarmasih, Medan, banyak deh," kata dia.

Tidak hanya mukena Dubai, ada mukena model lain yang diberi nama artis Indonesia, seperti mukena Ayu Ting Ting. "Mukena Ayu Ting Ting di depannya dihias renda dan bordir," jelas Afdal, pegawai di toko khusus mukena yang diproduksi dari Jakarta dan Padang itu.

Tidak hanya Ayu Ting Ting, Syahrini pun dipinjam namanya untuk jadi model mukena. "Kalau Syahrini lebih bagus lagi hiasannya," kata dia.

Afdal juga menjual mukena berbahan sutra yang disebutnya sebagai mukena burkat. Beragam tipe mukena yang dijual dari harga 100 ribu rupiah hingga satu juta rupiah, Afdal mengaku bisa mendapat omset hingga 30 juta rupiah per hari. "Tapi itu tahun lalu, kalau tahun ini menurun. Bisa dua juta atau sepuluh juta, tidak tentu," pungkas dia.

Terpopuler