Selasa, Daop II Operasikan KA Tambahan Lebaran

Red: Taufik Rachman

Senin 13 Aug 2012 11:32 WIB

Seorang pemimpin peron memberangkatkan rangkaian kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/1). (Republika/Wihdan Hidayat) Seorang pemimpin peron memberangkatkan rangkaian kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/1). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT KA Daop II Bandung akan mengoperasikan KA Tambahan Lebaran mulai Selasa (14/8) untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang mudik Lebaran 2012 dari Bandung.

"Pemberangkatan KA pada Minggu (12/8) sudah penuh 100 persen, termasuk Senin siang ini. KA Tambahan mulai dioperasikan pada Selasa besok," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung, Senin.

Menurut Bambang, seluruh KA komersial maupun ekonomi yang berangkat Senin rata-rata penuh penumpang dengan kapasitas 100 persen atau pas tempat duduk.

"Hari pertama operasi layanan Mudik Lebaran 2012 berlangsung lancar, semua tempat duduk terisi dan tidak ada lagi penumpang berdiri. Stasiun Bandung juga lengang," kata Bambang.

Ia mengakui ada kenaikan jumlah penumpang tiga persen, namun semuanya terangkut oleh KA yang sudah ditambah kereta tambahan.

"Mulai besok KA tambahan dioperasikan, tiket masih ada sekitar lima persen, sisanya sudah habis dipesan sejak H-90," kata Bambang.

Pada angkutan Lebaran 2012. PTKA Daop II Bandung mendapat alokasi tambahan KA tambahan yakni dua rangkaian KA Pasundan Lebaran, satu set KA Kutojaya Selatan.

Sedangkan untuk KA Komersial , Daop II mendapat tambahan untuk KA Lodaya pagi dan Lodaya Malam. KA tambahan itu akan dioperasikan setelah keberangkatan KA reguler.

"Tiket untuk pemberangkatan Selasa besok masih tersisa, sedangkan untuk Rabu hingga Minggu sudah habis," kata Bambang.

Sementara itu angkutan KA Argo Parahyangan jurusan Bandung - Jakarta masih sepi penumpang. PTKA Daop II Bandung tidak mengoperasikan dua KA Fakultatif pada Sabtu hingga Senin.

"KA Argo Parahyangan fakultatif tidak dioperasikan sejak Sabtu kemarin, karena tidak ada pemesanan tiket," kata juru bicara PTKA Daop II Bandung itu menambahkan.

Terpopuler